Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Memberikan Hadiah untuk Anak

Tips Memberikan Hadiah untuk Anak

2021-12-30 16:12:23

Semua orang pasti suka diberikan hadiah, terutama anak anak. Sebagai orang tua pasti pernah memberikan hadiah untuk anak, baik itu berupa mainan, makanan kesukaan, es krim, camilan favorit dan lain sebagainya. Namun, apakah ada dampak jika kita sering memberikan hadiah ke anak? Apakah baik jika selalu memberikan hadiah ke anak?

Memberikan hadiah ke anak tentu saja dengan tujuan yang baik, supaya anak patuh kepada orang tua, semakin semangat belajar, apresiasi karena berprestasi dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika terus menerus memberikan hadiah kepada anak mungkin dapat berdampak pada kehidupan anak itu sendiri. 

Jadi sebagai orang tua apakah baik jika sering memberikan hadiah kepada anak? Untuk pembahasan lebih lanjut, simak terus artikel berikut ini

 

Manfaat Memberikan Hadiah ke Anak

Memberikan hadiah atau apresiasi ke anak oleh orangtua dapat memotivasi anak dalam melakukan suatu hal atau kegiatan. Selain itu juga dapat membuat kebiasaan baru untuk anak ke arah yang lebih positif. Hal-hal tersebut seperti membantu orang tua membersihkan rumah, membereskan tempat tidur sendiri, mencuci piring setelah makan, sikat gigi menjelang tidur malam, berprestasi di sekolah dan lain sebagainya.

Memberikan hadiah untuk anak tidak harus dalam jumlah yang besar. Pergi ke restoran favorit, main bersama di taman, pergi ke taman hiburan, melakukan kegiatan bersama anak dirumah bisa menjadi hadiah yang sangat berarti untuk anak. Bahkan, sebuah ciuman, pelukan, tos dan kata kata pujian ketika anak berbuat baik bisa menjadi hadiah untuk anak. Jadi memberikan hadiah ke anak tidak selamanya berupa benda atau yang bernilai besar sepertinya bayangan kamu sebelumnya.

Perlu kamu ketahui, hadiah tidak harus berupa benda, namun bisa lebih dari itu. Karena hadiah kepada anak merupakan bentuk penghargaan dari orang tua untuk anaknya. Oleh karena itu, ketika memberikan hadiah kepada anak, kamu tidak perlu memberitahu apa yang sudah dilakukan dan mengapa menerima hadiah tersebut. Dengan cara tersebut, anak tahu bahwa ia telah melakukan perbuatan baik dan hal tersebut di sukai oleh kamu sebagai orang tuanya. Hadiah bisa membuat hubungan kamu dan anak semakin erat.

 

Dampak Negatif Memberikan Hadiah ke Anak

Sering kali menggunakan hadiah dalam proses mengembangkan sikap positif pada anak tidak selalu berhasil. Malah anak bisa jadi ketergantungan akan hadiah. Bisa saja anak melakukan perbuatan baik hanya karena ingin mendapatkan hadiah saja, ketika tidak ada hadiah maka selanjutnya tidak melakukannya lagi.

Hadiah juga dapat membatasi perilaku anak yang seharusnya bisa berkembang dengan sendirinya. Karena hadiah, anak jadi hanya mengetahui perilaku baik yang selama ini diberikan hadiah dan perilaku lainnya dianggap tidak baik. Cara ini bisa mencegah anak untuk mengembangkan rasa melakukan hal yang benar.

Oleh karena itu, kamu harus mulai berhati-hati dalam memberikan hadiah, terutama hadiah dalam bentuk barang atau yang bisa diketahui nilai ekonominya. Bukan hadiah yang bersifat kasih sayang, seperti pelukan, ciuman, tos bahkan pujian. Karena hadiah dalam bentuk kasih sayang bisa diberikan kapan saja.

 

Tips Memberikan Hadiah ke Anak

Memberikan hadiah ke anak memang memberikan banyak manfaat. Namun, terkadang pemberian hadiah tidak sesuai dengan rencana di awal. Supaya pemberian hadiah sesuai dengan tujuan baik untuk anak, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

- Ada baiknya memberikan hadiah untuk anak jika telah berhasil mencapai tujuan dari hadiah tersebut. Pemberian hadiah dilakukan ketika anak sudah melakukan kegiatan baik dan menjadi kebiasaan anak tersebut. Misalnya jika sudah melakukan kebiasaan baik selama sebulan, anak jadi terbiasa melakukan kegiatan tersebut untuk selanjutnya

- Berikan hadiah yang bervariasi, tidak harus dengan bentuk materi. Hal ini perlu dilakukan supaya anak tidak ketergantungan dengan hadiah yang diberikan. Ketahui juga kapan harus memberikan hadiah tersebut, supaya anak menjadi termotivasi.

- Kombinasi pujian dan hadiah bisa digunakan saat memberikan hadiah berupa materi atau tanpa materi. Hal ini bisa membangun hubungan yang baik antara orang tua dan anak.

- Berikan hadiah yang bervariasi, usahakan memberikan hadiah yang berbeda beda supaya antusias anak selalu besar di setiap kesempatan mendapatkan hadiah. 

 

Memberikan hadiah ke anak ada banyak bentuknya, usahakan memberikan hadiah yang sekaligus membuat anak untuk belajar akan suatu hal. Salah satu hadiah yang bisa dipakai dan cukup populer di masyarakat adalah memberikan uang tunai, nilai uang yang diberikan tidak perlu besar selama tujuan memberikan uang tersebut bisa tercapai, yaitu mengajarkan anak untuk hidup hemat serta menabung. 

Kamu bisa memberikan hadiah tersebut dimana saja di waktu kapan saja, tidak perlu takut ketika tidak mempersiapkan uang tunai, karena kamu bisa tetap melakukan penarikan uang tunai di ATM tanpa kartu. Salah satu bank yang sudah mendukung penarikan tunai tanpa kartu yaitu bank BRI. cara penarikan tunai tanpa kartu juga sangat praktis, kamu bisa ikuti cara berikut ini:

 

- Buka aplikasi BRImo versi terbaru kemudian masukan ID dan password, kamu juga bisa menggunakan face id atau finger print. Pastikan kamu menggunakan jaringan internet yang stabil.

- Berikutnya setelah berhasil login, cari opsi menu Tarik Tunai.

- Lalu pilih Sumber Rekening Dana dan isi dengan nominal yang diinginkan untuk tarik tunai.

- Berikutnya pilih Lanjut, Jika sudah berhasil kamu akan menerima kode unik untuk penarikan di ATM.

- Selanjutnya kamu bisa cari mesin ATM BRI terdekat untuk melakukan penarikan tunai.

- Jika sudah ketemu klik tombol di kiri bawah layar mesin ATM.

- Pilih menu Tarik Tunai lalu masukan kode unik yang telah di berikan aplikasi BRImo.

-Selanjutnya, masukan nomor ponsel yang terdaftar pada aplikasi BRImo.

- Kamu bisa menunggu beberapa saat karena mesin ATM sedang memproses penarikan tunai dari rekening. Kemudian kamu akan mendapatkan uang sesuai nominal yang telah ditentukan.

- Sukses! Proses penarikan tunai di ATM BRI telah selesai. 

 

Setelah berhasil melakukan penarikan tunai tanpa kartu kamu bisa memberikan uang tunai tersebut ke anak, taruh uang tersebut dalam amplop sebelum diberikan ke anak, berilah alasan kenapa kamu memberikan hadiah tersebut ke anak dan jangan lupa berikan pujian karena telah melakukan sesuatu yang baik serta menjadi kebiasaan anak tersebut. Dengan cara ini anak dan orangtua bisa memiliki kedekatan yang lebih baik. 

 

Saat ini sudah banyak kemudahan yang diberikan seperti tarik tunai tanpa kartu seperti yang dimiliki bank BRI dan aplikasi BRImo. Bagi kamu yang ingin menikmati layanan ini, kamu bisa mengunduh aplikasi BRImo melalui  google playstore di android dan app store di iOS. Dengan memiliki aplikasi BRImo kamu tidak perlu khawatir lagi tidak memiliki uang tunai karena bisa melakukan penarikan tunai tanpa kartu di berbagai ATM BRI terdekat.