Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Aman Memakai Perangkat Elektronik di Rumah

Tips Aman Memakai Perangkat Elektronik di Rumah

2021-12-02 16:33:40

Saat ini perangkat elektronik sudah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita. Kebutuhan akan perangkat elektronik sangat tinggi karena bisa menunjang berbagai aktivitas harian. Terutama barang elektronik rumah tangga Namun, kita juga harus berhati-hati ketika menggunakan perangkat elektronik jika tidak ingin celaka dan selalu aman dalam menggunakannya. 

 

Pada perangkat elektronik yang diproduksi saat ini sudah ada standarisasi yang ditetapkan. Standarisasi tersebut bernama SNI atau biasa disebut Standar Nasional Indonesia. Standar tersebut dikeluarkan oleh negara dan berlaku secara nasional di indonesia. Walaupun sudah ada standar yang ditetapkan namun kita sebagai pengguna elektronik tetap harus berhati hati dalam penggunaan barang elektronik rumah tangga.

 

Supaya aman menggunakan perangkat elektronik kamu bisa ikuti tips aman berikut ini:

 

1. Petunjuk Pemakaian

Ketika membeli perangkat elektronik, pasti kamu mendapatkan petunjuk pemakaian perangkat tersebut, petunjuk tersebut jangan kamu buang ya, karena pada petunjuk pemakaian terdapat cara menggunakan barang elektronik tersebut secara aman dan juga cara melakukan perawatan perangkat supaya awet dan bisa berumur panjang. Sebelum menggunakan barang elektronik sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian produk tersebut.

 

2. Daya Listrik

Sebelum kamu membeli barang elektronik, akan lebih baik kamu melihat daya listrik yang digunakan. Pastikan listrik yang digunakan sudah sesuai dengan daya listrik dirumah kita. Karena jika listrik yang digunakan melebihi kapasitas yang ada dirumah kita, maka akan berpotensi terjadi korsleting listrik dan bisa sampai menyebabkan kebakaran. Untuk melihat daya yang dibutuhkan pada perangkat kita bisa melihat pada buku panduan penggunaan perangkat.

 

3. Matikan Jika Tidak Digunakan

Tips aman berikutnya ketika menggunakan barang elektronik rumah tangga adalah dengan mematikan perangkat elektronik tersebut jika tidak digunakan. Dengan cara ini selain bisa menjaga perangkat tetap aman dan juga bisa menghemat biaya penggunaan listrik rumah kamu.

 

4. Matikan Perangkat Ketika Terjadi Pemadaman Listrik

Ketika terjadi pemadaman listrik sebaiknya kamu mematikan perangkat elektronik yang sebelumnya sedang digunakan. Dengan mematikan perangkat elektronik sebelum listrik kembali menyala, kamu bisa menghindari terjadinya beban daya yang berat. Hal ini diperlukan karena ada beberapa perangkat elektronik yang membutuhkan daya besar ketika baru dihidupkan.

 

5. Perangkat Rusak

Perangkat elektronik yang sudah tua atau rusak sebaiknya jangan digunakan kembali karena rentan terjadi korsleting listrik, jika kamu menemukan perangkat yang sudah rusak di rumah sebaiknya kamu buang atau serahkan ke tempat daur ulang. Dengan memberikan perangkat elektronik yang rusak atau tidak terpakai ke tempat daur ulang kamu juga turut menyelamatkan lingkungan dari limbah elektronik.

 

6. Jangan Sentuh Barang Elektronik yang Rusak

Biasakan selalu mengeringkan tangan kamu ketika ingin menyentuh atau menggunakan perangkat elektronik. Karena tangan yang basah mengandung air dan air merupakan penghantar listrik yang baik dan menghantarkan listrik.

 

7. Isi Token Sebelum Habis

Pada rumah yang menggunakan token seringkali kita tidak sadar bahwa daya listrik yang biasa kita gunakan sudah mau habis bahkan sudah habis. Ada baiknya jangan menunggu daya listrik habis karena listrik dirumah kamu bisa tiba tiba mati dan sangat berbahaya untuk perangkat elektronik kamu, oleh karena itu selalu sediakan daya listrik cadangan untuk listrik rumah kamu. 

 

Untuk kamu yang ingin dengan cepat mengisi token listrik bisa memanfaatkan aplikasi BRImo. Dengan aplikasi BRImo kamu bisa isi token listrik tanpa keluar rumah. Sedangkan cara isi token melalui aplikasi BRImo bisa ikuti panduan berikut ini:

- Login melalui aplikasi BRImo

- Kemudian pilih opsi menu PLN

- Selanjutnya pilih menu listrik kemudian pilih token listrik

- Masukan id pelanggan atau nomor meter

- Pilih nominal, pada layar akan tampil pilihan dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah

- Berikutnya klik lanjut kemudian konfirmasi 

- Masukan PIN dan klik lanjut

- Yay! Proses pembelian token PLN kamu telah selesai

 

Setelah melakukan pembelian token PLN melalui aplikasi BRImo kamu bisa memasukan 20 digit nomor token ke meteran listrik. Bagi kamu yang saat ini belum memiliki aplikasi BRImo bisa mengunduh aplikasi BRImo melalui Google Play Store di android atau appstore di iOS. Yuk! Pastikan kamu dan keluarga menggunakan perangkat elektronik dengan aman ya.