Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

TOP UP BRIGUNA DIGITAL DAPAT CASHBACK

TOP UP BRIGUNA DIGITAL DAPAT CASHBACK

2022-07-01 17:10:08

 

Aplikasi BRImo

Update BRImo Minimal versi 2.22

Nama Produk/ Program/ Fitur

 

BRIguna Digital

Deskripsi Produk/Program/ Fitur

Proses Pengajuan s.d pencairan pinjaman Kredit BRIguna secara digital sehingga dapat dilakukan kapan saja dimana saja tanpa perlu ke unit kerja BRI dengan SLA <15 menit

Unique Selling Point

1. Proses cepat dan mudah dalam 15 Menit

2. Apply Online Kapan Saja & di Mana Saja

3. Tanpa Syarat Dokumen Fisik

4. Top Up Saldo BRImo senilai 1 Juta

Suku Bunga

Mulai dari 0,92% efektif per bulan

Periode Program/ Periode Suku Bunga

31 Desember 2022

Biaya yang berlaku

Biaya Provisi:

1% dari plafond kredit

 

Biaya Administrasi:

Plafond s.d 200 Juta: Rp150.000

Plafond >200 Juta – 500 Juta: Rp 250.000

Plafond >500 Juta: Rp 500.000

 

Biaya Premi Asuransi Jiwa:

Biaya premi asuransi jiwa sesuai ketentuan rekanan asuradur BRI

Jangka Waktu Kredit

Maksimal 15 Tahun

Detail Mekanisme Pengajuan Produk/Program/ Fitur

On – Boarding BRIMO – BRIguna Digital

1. Untuk mengakses BRIguna Digital, calon debitur wajib memiliki akun dan telah terdaftar dalam aplikasi BRIMO. 

2. Login aplikasi BRIMO

3. Pilih menu “lainnya”

4. Pilih Produk BRI “Pinjaman BRI”

5. Ajukan Baru

6. Pilih Menu BRIguna

 

Welcoming Screen BRIguna Digital

Calon Debitur akan disambut dengan welcoming screen yang akan menyampaikan value proposition BRIguna Digital, yaitu:

1. Proses yang cepat & mudah

2. Plafond yang sesuai dengan kebutuhan

3. Suku Bunga yang kompetitif)

 

User Verification – BRIguna Digital

1. Calon debitur memilih akan mengajukan pinjaman baru atau melakukan top-up pinjaman.

2. Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan persyaratan pengajuan BRIguna Digital.

3. Calon Debitur kemudian meng-input NIK yang terdapat di E-KTP

4. Berdasarkan input tersebut, sistem akan melakukan verifikasi dan melakukan pengecekan database untuk kemudian mengirimkan sandi OTP ke nomor ponsel calon debitur yang terdaftar di BRIMO.

5. Calon debitur selanjutnya menginput sandi OTP tersebut di aplikasi BRIGUNA DIGITAL.

 

Negative Screen User Verification – BRIguna Digital

1. NIK calon debitur tidak terdaftar dalam WHITELIST BRIGUNA DIGITAL yang merupakan daftar calon debitur yang telah diidentifikasi dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh BRI, misalnya: payroll di BRI, memiliki aplikasi internet banking/BRIMO BRI, kolektibilitas Lancar, dan lain-lain. Dalam hal demikian, maka calon debitur diarahkan untuk mengajukan pinjaman melalui BRISPOT EKSTERNAL yang kemudian akan diverifikasi secara manual oleh RM/Mantri BRI.

2. Sandi OTP yang diinput di aplikasi BRIGUNA DIGITAL oleh calon debitur tidak sesuai dengan yang dikirimkan oleh sistem. Calon debitur diberikan beberapa kali kesempatan untuk melakukan penginputan sandi OTP. Apabila telah melebihi batas maksimum, maka akun calon debitur akan diblokir untuk sementara. 

 

Input Data – BRIguna Digital

Data calon debitur akan ditampilkan secara auto-fill, namun tetap dapat di update. Data yang perlu dilengkapi adalah sbb:

1. Informasi Data Pribadi

2. Informasi Tempat Tinggal Sesuai KTP

3. Informasi Keuangan

4. Foto E-KTP

 

Negative Screen Foto E-KTP – BRIguna Digital

BRIGUNA DIGITAL akan melakukan verifikasi foto E-KTP & mencocokan isian informasi data calon debitur dengan E-KTP. Apabila tidak sesuai maka:

1. KTP tidak sesuai → Calon debitur dapat memperbaharui data E-KTP.

2. KTP tidak terbaca → Calon debitur dapat mengulangi proses foto E-KTP s/d 3 (tiga) kali, apabila masih tidak terbaca maka E-KTP calon debitur akan diverifikasi secara manual oleh petugas BRI.

Setelah diverifikasi manual oleh BRI, ada 2 kemungkinan:

1. KTP disetujui → Calon debitur dapat melanjutkan proses Briguna Digital.

2. KTP ditolak → Foto E-KTP belum sesuai kriteria, calon debitur dapat mengajukan kembali 7 hari kemudian.

 

Pre – Screening – BRIguna Digital

1. Data calon debitur akan diperiksa oleh sistem pre-screening melalui pengecekan SLIK, DHN BI dan SICD BRI.

2. Proses pengecekan memakan waktu kurang lebih 5 menit.

3. Apabila debitur tidak lolos prescreening maka diarahkan agar mengajukan pinjaman melalui BRISPOT.

 

Credit Offering – BRIguna Digital

1. Aplikasi akan menawarkan plafon top-up maksimal yang dapat diambil, jangka waktu kredit, estimasi angsuran per bulan serta nominal uang yang akan diterima setelah dipotong biaya-biaya dan melunasi pinjaman sebelumnya.

2. Calon debitur juga dapat menyesuaikan plafon yang diterima sesuai dengan kebutuhan dan tenor kredit yang diinginkan.

3. Setelah menyetujui plafon, tenor serta angsuran tertentu, calon debitur dapat mengklik “Ajukan Pinjaman” untuk kemudian mendapatkan info terkait rekening yang akan digunakan untuk pencairan kredit Briguna.

 

Registrasi Digital Signature – BRIguna Digital

Untuk registrasi tanda tangan digital, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Swafoto yang dilakukan oleh masing-masing calon debitur. Hasil swafoto tersebut akan dilakukan verifikasi ke dukcapil dan selanjutnya akan digunakan sebagai digital signature.

2. Kemudian calon debitur wajib membaca seluruh syarat dan ketentuan digital signature kemudian mengklik “Saya Setuju” untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

3. Dengan menyetujui syarat dan ketentuan tersebut maka tanda tangan digital calon debitur sudah terbentuk dan dapat digunakan untuk menandatangan dokumen-dokumen kredit BRIGUNA DIGITAL

 

Persetujuan Dokumen – BRIguna Digital

Untuk menggunakan tanda tangan digital, calon debitur perlu memenuhi 2 factor authentication yaitu sandi OTP dan verifikasi menggunakan swafoto.

1. Verifikasi pertama dilakukan dengan cara pengiriman sandi OTP ke ponsel calon debitur dan pasangan by system untuk kemudian diinput di aplikasi.

2. Setelah verifikasi awal, calon debitur wajib membaca dan menyetujui dokumen kredit BRIGUNA DIGITAL yang terdiri dari:

- Syarat dan Ketentuan

- Dokumen Permohonan

- Perjanjian Kredit

3. Proses persetujuan dilakukan dengan cara mengklik “Saya Setuju” di masing-masing dokumen tersebut di atas.

4. Calon debitur melanjutkan proses dengan melakukan verifikasi kedua yaitu swafoto yang dilakukan oleh calon debitur.

 

Verifikasi Digital Signature & Pencairan – BRIguna Digital

1. Setelah menyetujui dokumen, calon debitur melakukan verifikasi dengan metode pencocokan wajah untuk melanjutkan proses pencairan.

2. Ulangi proses yang sama dengan pembuatan Tanda Tangan Digital sebelumnya. Pastikan wajah terlihat dan sesuai dengan petunjuk yang tertulis, sampai terlihat lingkaran hijau dan status “Berhasil Terverifikasi”.

3. Sistem kemudian akan melakukan proses pencairan.

4. Apabila pencairan berhasil dan uang telah masuk ke rekening simpanan calon debitur, aplikasi akan menampilkan plafon pencairan, jangka waktu kredit, angsuran per bulan serta total uang yang akan diterima setelah dikurangi biaya-biaya.

5. Apabila terdapat time-out dan sistem gagal melakukan pencairan, calon debitur dapat kembali lagi ke halaman awal untuk mengulangi proses kredit tanpa melakukan pengisian data dan cukup menginput NIK saja.

 

Plafon Kredit

Maksimal 300 Juta

Persyaratan Umum Debitur/Calon Debitur

- Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai BUMN yang merupakan nasabah existing BRIguna dengan pembayaran angsuran bersumber dari penghasilan tetap atau fixed income (Gaji) yang dibayarkan rutin tiap bulan dan payrollnya dibayarkan melalui BRI.

- Memiliki aplikasi BRIMO

Detail kelengkapan dokumen

E- KTP

Kriteria debitur yang mendapatkan Hadiah langsung:

1. Setiap debitur yang berhasil melakukan realisasi melalui BRIguna Digital mendapatkan reward berupa top up Saldo yang akan di transfer ke rekening gaji ybs di setiap periode (per bulan).

2. Kuota Program yaitu 10 Debitur di tiap – tiap bulannya dengan kriteria pencairan tercepat melalui BRIguna Digital.

3. Besaran reward senilai Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

4. Pemenang Program akan dilakukan transfer reward maksimal pada akhir bulan pada tiap - tiap periode di rekening Gaji yang terdaftar.