Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Surat berharga Negara seri ORI 022

Surat berharga Negara seri ORI 022

2022-09-23 15:29:28

Obligasi Negara Ritel (ORI)

Obligasi Negara Ritel atau ORI merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi, dalam hal ini BRI, di Pasar Perdana.

Pemerintah kembali menawarkan ORI kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI022 sebagai alternatif investasi yang memiliki risiko rendah, mudah, terjangkau dan menguntungkan. ORI022 merupakan seri ORI ke-22 yang diterbitkan oleh pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN dan BRImo.

Kupon 5,95 % p.a (per annum/ per tahun)

Keuntungan ORI022

- Kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang.

- Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.

- Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).

- Berpotensi memperoleh capital gain.

- Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito perbankan.

- Kupon dibayar setiap bulan.

- Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.


Risiko ORI022

Risiko Gagal Bayar

ORI memiliki risiko rendah gagal bayar mengingat berdasarkan Undang-Undang SUN, negara menjamin pembayaran kupon dan pokok SUN, termasuk ORI022 sampai dengan jatuh tempo, yang dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.


Risiko Pasar

Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila investor manjual ORI di Pasar Sekunder sebelum jatuh tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya.

- Investor tidak menjual ORI sampai jatuh tempo dan hanya menjual ORI jika harga jual (pasar) lebih tinggi daripada harga beli setelah dikurangi biaya transaksi. Pada saat harga pasar turun, investor tetap mendapatkan kupon setiap bulan sampai jatuh tempo. Investor tetap menerima pelunasan pokok sebesar 100% (seratus per seratus) Ketika ORI jatuh tempo.

- Investor dapat menjaminkan ORI dalam pengajuan pinjaman ke bank umum, lembaga keuangan lainnya, sebagai jaminan dalam transaksi Efek di pasar modal, atau dijual kepada Mitra distribusi.


Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas (liquidity risk) dapat terjadi apabila Investor membutuhkan dana dalam waktu cepat akan tetapi ORI tidak dapat dijual pada harga yang wajar. Risiko ini dapat dihindari karena ORI dapat dijadikan sebagai jaminan dalam pengajuan pinjaman ke bank umum, lembaga keuangan lainnya, sebagai jaminan dalam transaksi efek di pasar modal, atau dijual kepada Mitra Distribusi. Ketentuan dan persyaratan berkaitan dengan penggunaan ORI sebagai jaminan/agunan tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing bank dan Lembaga keuangan lainnya.


Ketentuan Pemesanan ORI022

- WNI

Individual atau persorangan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

- NPWP

Memiliki NPWP, mengacu pada aturan PP 91 Tahun 2021, tentang pajak penghasilan atas penghasilan berupa bunga obligasi yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap akan dikenakan PPh Final sebesar 10% dari total kupon yang didapatkan.

- KTP

KTP dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Kementrian dalam Negeri c.q. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.


Struktur Produk SERI ORI022

- Penerbit Pemerintah Republik Indonesia

- Settlement / penerbitan 26 Oktober 2022

- Masa penawaran 26 September – 20 Oktober 2022

- Tingkat kupon tetap (fixed rate)

- Perpajakan PPh final 10%

- Penetapan hasil penjulan 24 Oktober 2022

- Tanpa warkat (scriptless) dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder

- Jatuh tempo 15 Oktober 2025

- Minimum pemesanan Rp. 1 Juta

- Maksimum pemesanan Rp. 5 Miliar

- Tanggal 15 setiap bulannya. Kupon pertama dibayarkan tanggal 15 Desember 2022. Dalam hal tanggal pembayaran kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga. Hari kerja adalah hari di mana operasional system pembayaran diselenggarakan oleh Bank Inonesia

- Minimum Holding Period (MHP) 1 (satu) kali periode pembayaran kupon. Holding period adalah periode di mana investor ORI022 belum boleh memindahbukuan kepemilikan ORI-nya. Kepemilikan ORI022 dapat dipindahbukukan mulai tanggal 15 Desember 2022


Cara Pemesanan ORI022

1. Registrasi

- Anda bisa melakukan registrasi melalui Kantor Cabang / Kantor Cabang Pembantu / Sentra Layanan BRI Prioritas.

- Tujuannya untuk membuat SID (Single Investor Identification) dan rekening surat berharga (rekening efek).

- Setelah mendapatkan SID dan SRE, lakukan pendaftaran investor melalui SBN Online BRI https://sbn.bri.co.id (Menu > Manajemen investor > Investor > Tambah Investor).

- Pembayaran kode billing dilakukan melalui MPN Gen 2 dengan berbagi saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking dan aplikasi BRImo) dengan batas waktu yang telah ditentukan

- Anda akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order melalui channel pembelian yang digunakan (website SBN atau BRImo) dan email yang terdaftar.

2. PEMESANAN

- Pemesanan bisa melalui website SBN Online BRI atau melalui aplikasi BRImo (untuk pemesanan ORI022 BRImo, info lebih lanjut klik s.id/sbnbrimo )

- Jika melakukan pemesanan melalui web SBN, Anda akan mendapatkan (billing kode) yang dapat dibayarkan melalui unit kerja atau melalui menu MPN di aplikasi BRImo.

- Khusus pemesanan SBN melalui BRImo sampai dengan nominal tertentu, pembayaran MPN Iangsung dapat diselesaikan di aplikasi BRIMO.

3. PEMBAYARAN

- Pembayaran kode billing dilakukan melalui MPN Gen 2 dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking dan aplikasi BRImo) dengan batas waktu yang telah ditentukan.

- Anda akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order melalui channel pembelian yang digunakan (website SBN atau BRImo) dan email yang terdaftar.

4. KONFIRMASI

- Di tahap ini, Anda akan menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBN melalui email yang Anda daftarkan.


Pemesanan Melalui BRI ORI022

Penawaran Spesial*

*Direct Gift berupa voucher hingga Rp. 8.750.000,-

- Program Direct Gift 0,175%

40 Nasabah pertama yang membeli Rp. 5 Miliar.

- Program Direct Gift 0,150%

40 Nasabah pertama yang membeli Rp. 3 Miliar s.d. < Rp. 5 Miliar.

- Program Direct Gift 0,075%

40 Nasabah pertama yang membeli Rp. 1 Miliar s.d. < Rp. 3 Miliar.

- Program Direct Gift 0,035%

40 Nasabah pertama yang membeli Rp. 100 Juta s.d. < Rp. 1 Miliar.