Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Simak, 9 Cara Merawat Barang Elektronik Supaya Tidak Cepat Rusak

Simak, 9 Cara Merawat Barang Elektronik Supaya Tidak Cepat Rusak

2021-11-23 10:29:39

Perkembangan teknologi sangat membantu kehidupan kita sehari-hari, kini perangkat elektronik sudah semakin umum digunakan di dalam kegiatan dirumah tangga. Banyak pekerjaan rumah yang dahulu dikerjakan secara manual oleh manusia saat ini sudah otomatis dengan bantuan mesin, bahkan ada pekerjaan yang hilang dan tergantikan seluruhnya oleh mesin.

 

Berbagai perusahaan elektronik berlomba-lomba melakukan inovasi produk. Namun, sayangnya tidak semua barang elektronik rumah tangga yang dihasilkan berkualitas baik. Hal inilah yang menyebabkan produk elektronik menjadi boros listrik dan cepat menjadi rusak.

 

Pada umumnya faktor brand memberi pengaruh pada keawetan suatu produk. Tapi ada faktor lain yang turut serta menjadi pengaruh pada barang elektronik bisa lebih awet, yaitu pada diri kita sendiri yang harus pandai menggunakan dan merawat mesin tersebut supaya tidak cepat rusak.

Sering kali kita mengabaikan dari cara merawat dan menyimpan, bahkan menggunakan produk elektronik dengan sembarangan tidak sesuai instruksi yang diberikan. Hal ini lah yang sering kali menyebabkan elektronik dirumah rusak.

 

Lalu, bagaimana cara merawat barang elektronik dirumah agar tidak cepat rusak? Simak terus tips berikut ini

 

Kartu Garansi

Semua produk elektronik yang dibuat dalam jumlah banyak, tidak menutup kemungkinan mengalami cacat dalam produksi. Jika kamu baru membeli perangkat elektronik dan perangkat tersebut tidak bekerja dengan baik, kamu bisa segera menggunakan kartu garansi yang disertakan pada produk tersebut.

 

Jika perangkat elektronik yang kamu beli rusak tanpa kamu ketahui sebabnya kamu bisa mengajukan garansi, nanti perangkat elektronik kamu akan diperbaiki tanpa dikenakan biaya alias gratis. Atau bahkan jika kerusakannya terlalu parah dan tidak dapat diperbaiki maka akan mendapatkan penggantian dengan produk baru. 

 

Selain itu ada juga manfaat lain dari garansi suatu produk, namun garansi ini pada biasanya hanya berlaku untuk garansi tambahan saja diluar dari garansi pabrik, jadi kamu harus membeli garansi tambahan, untuk garansi tambahan tersebut biasanya melindungi ketika kamu melakukan hal tidak sengaja yang berimbas pada kerusakan produk. Namun, perlu diingat tidak semua produk elektronik menyertakan garansi tambahan ini.

 

Jadi itulah pentingnya menyimpan kartu garansi perangkat elektronik, supaya memberikan rasa aman ketika kamu baru membeli perangkat elektronik

 

Membersihkan

Cara merawat barang elektronik supaya lebih awet yaitu dengan rajin membersihkan. Mungkin kita saat baru membeli barang elektronik rajin membersihkannya, dirawat dengan baik dan benar sesuai instruksi yang dianjurkan. Tetapi semakin lama umur barang tersebut kita menjadi abai untuk membersihkannya. 

 

Padahal, jika dibersihkan secara rutin barang elektronik, terutama pada bagian tertentu akan membuat lebih awet dan mesin akan bekerja dengan optimal. Jadi pastikan kita selalu rajin membersihkan barang elektronik yang sudah dibeli supaya selalu bisa digunakan secara optimal dan memiliki umur yang panjang.

 

Service Resmi

Selain membersihkan barang elektronik, hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan perawatan rutin, biasa produk yang memerlukan perawatan rutin adalah AC atau perangkat pendingin rumah.

 

Servis perlu dilakukan supaya menjaga performa mesin tetap optimal meski sudah dipakai bertahun tahun. Namun yang perlu diperhatikan adalah memilih tempat service yang terpercaya dan bukan yang sembarangan.

 

Ada banyak penyedia servis elektronik di sekitar rumah kita. Bahkan, ada pula penyedia servis yang bisa dipanggil kerumah. Tentunya hal ini sangat memudahkan kamu, jadi tidak perlu membawa barang elektronik keluar rumah.

 

Saat memilih tempat servis yang perhatikan adalah reputasi baik, staf profesional dan berpengalaman. Ada baiknya kamu memilih tempat servis resmi yang sudah ditunjuk oleh brand elektronik yang kamu beli atau cek langsung di website brand tersebut.

 

Simpan di tempat Aman

Saat kamu membeli barang elektronik pastinya kamu akan menerima petunjuk pemakaian dan cara menyimpan produk tersebut. Pastikan kamu memahami cara menyimpan produk tersebut ya. 

 

Ada barang elektronik yang tidak bisa disimpan dibawah sinar matahari langsung karena bisa merusak komponen yang ada, selain itu ada juga elektronik yang menghasilkan panas ketika bekerja, untuk itu perlu disimpan pada suhu ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan cara tersebut elektronik yang dimiliki lebih aman dari tumbuhnya jamu atau mengalami korosi.

 

Perlu istirahat

Seperti halnya manusia perangkat elektronik juga membutuhkan istirahat, ada baiknya jika kita sudah menggunakan perangkat tersebut selama seharian, bisa diistirahatkan dahulu supaya mesin pada perangkat tidak mengalami overheating. 

 

Sebagai contoh, kamu habis menggunakan TV dan kamu lupa mematikan perangkat tersebut maka secara otomatis TV akan menyala terus dan dapat mengalami kepanasan jika sering terjadi maka perangkat di dalam TV tersebut akan cepat rusak dan TV tidak bisa digunakan. 

Jadi jangan lupa mematikan perangkat dirumah supaya tidak cepat rusak ya.

 

Listrik yang Stabil

Cara lainnya dalam merawat barang elektronik adalah dengan menjaga kestabilan listrik. Seringkali pengguna perangkat abai dalam menjaga kestabilan listrik dirumah. Padahal perangkat elektronik sangat bergantung pada listrik

 

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan listrik dirumah adalah dengan memastikan adapter kabel tersambung dengan stop kontak secara aman. Cara lainnya juga bisa dengan memperhatikan kabel semua perangkat elektronik pastikan kabel tidak terbuka dan selalu melindungi komponen didalam kabel, karena jika komponen dalam kabel terbuka maka besar kemungkinan akan menimbulkan kerusakan pada listrik rumah dan mematikan tegangan listrik dirumah. Hal ini sangat membahayakan penghuni rumah dan juga perangkat elektronik yang tersambung ke listrik, karena akan mengalami kerusakan.

 

Sesuai Panduan

Saat membeli perangkat elektronik pastinya kamu akan menerima buku panduan yang berisi cara mengoperasikan perangkat tersebut. Namun, seringkali kita tidak membaca buku panduan tersebut dengan seksama.

 

Padahal didalam buku panduan tersebut telah diinformasikan cara menggunakannya, cara membersihkan, cara merawat dan cara menyimpan perangkat. Karena kita tidak terlalu peduli dengan panduan tersebut maka sering kali terjadi kesalahan dalam cara mengoperasikan, membersihkan atau menyimpan perangkat yang mengakibatkan perangkat rusak dan harus diservis. 

 

Untuk itu penting ketika baru membeli perangkat elektronik dengan membaca dahulu panduan yang diberikan supaya perangkat awet dan bisa bekerja dengan optimal.

 

Modifikasi

Barang elektronik rumah tangga yang dibuat pabrik tentu saja sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa langsung digunakan tanpa adanya tambahan perangkat lainnya. Tetapi sering ditemukan perangkat elektronik yang dimodifikasi untuk kepentingan tertentu.

 

Hal ini dapat menyebabkan perangkat hangus masa garansi serta bisa cepat rusak karena perangkat yang dimodifikasi tidak sesuai dengan ketentuan penggunaan yang sudah ditetapkan oleh pabrik atau brand perangkat tersebut.

 

Ada baiknya jika kamu menggunakan perangkat elektronik dengan wajar sesuai petunjuk yang diberikan supaya perangkat lebih awet dan garansi yang diberikan tidak hangus.

 

Perangkat Hemat Daya

Kemajuan teknologi sudah membawa kita ke era yang tidak hanya dapat menciptakan produk elektronik namun bisa menciptakan produk elektronik yang memiliki kemampuan lebih seperti hemat daya.

 

Banyak brand yang sudah melakukan inovasi produknya dengan menciptakan produk hemat listrik karena kemauan konsumen yang menginginkan produk elektronik dengan penggunaan listrik sekecil mungkin.

 

Memang perangkat elektronik yang hemat daya memiliki harga lebih tinggi dibandingkan perangkat elektronik pada umumnya, akan tetapi untuk biaya yang dikeluarkan dalam jangka waktu yang lama akan lebih hemat dan bikin tagihan listrik tidak membengkak. Supaya lebih hemat dan praktis kamu bisa kombinasikan perangkat elektronik hemat daya tersebut dengan isi token listrik melalui aplikasi BRImo.

 

Sekarang isi token listrik bisa lebih praktis melalui aplikasi BRImo. Kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli token listrik tinggal gunakan aplikasi BRImo dan ikuti cara berikut untuk membeli token listrik:

- Login ke aplikasi BRImo, 

- Pilih opsi menu PLN

- Pilih menu listrik kemudian pilih token listrik

- Masukan id pelanggan atau nomor meter

- Pilih nominal, pada layar akan tampil pilihan dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah

- Lalu klik lanjut kemudian konfirmasi 

- Masukan PIN dan klik lanjut

 

Setelah berhasil melakukan pembelian kamu bisa langsung memasukan 20 digit nomor token ke meteran listrik rumah kamu. Dengan cara ini selain lebih praktis kamu juga menghemat waktu dan bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya. Nah, bagi kamu yang selama ini masih kesulitan membeli token listrik bisa langsung mengunduh aplikasi BRImo di Playstore dan Appstore ya.