Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Lebih Mudah, Bayar BPJS Kesehatan dengan BRImo

Lebih Mudah, Bayar BPJS Kesehatan dengan BRImo

2021-11-23 10:20:12

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Untuk itulah, menjaga kesehatan menjadi suatu kewajiban untuk kita semua. Karena dengan menjaga kesehatan pastinya kamu bisa memiliki badan yang sehat serta, menghindari kemungkinan terkena penyakit. 

 

Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan termasuk pemerintah. Untuk itu demi menyadarkan banyak orang akan pentingnya kesehatan, maka pemerintah menciptakan badan hukum dan program kesehatan bagi semua kalangan.

 

Nama badan hukum yang diusung tersebut adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau biasa disebut BPJS Kesehatan. Tugas dari BPJS Kesehatan yaitu menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Manfaat BPJS Kesehatan

Perlu kamu ketahui bahwa BPJS Kesehatan merupakan program wajib bagi seluruh rakyat indonesia, jadi kamu di harus untuk berpartisipasi dalam program kesehatan ini. Untuk kamu yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, ada beberapa manfaat ketika mengikuti program kesehatan ini, berikut penjelasannya:

Terdiri dari tiga kelas

BPJS kesehatan dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan  kelas 3. Ada beberapa perbedaan bagi ketiga kelas tersebut:

  1. Kelas 1 merupakan kelas dengan iuran paling tinggi yaitu 150.000 setiap bulannya, untuk fasilitas kesehatan dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan di ruang perawatan kelas 1
  2. Kelas 2 merupakan kelas dengan iuran bulanan yaitu 100.000. Akan mendapatkan pelayanan kesehatan di ruang perawatan kelas 2
  3. Kelas 3 merupakan kelas dengan iuran bulan yaitu 42.000. Kelas 3 ini akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Mulai per 1 Januari 2021 iuran peserta kelas 3 menjadi 35.000 karena pemerintah memberikan bantuan iuran sebesar 7.000 rupiah. Peserta kelas 3 ini bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan di ruang perawatan kelas 3.

Pelayanan Kesehatan, Rawat Jalan dan Rawat Inap

Selain terdiri dari tiga kelas, manfaat lain kamu mengikuti program BPJS Kesehatan adalah mendapatkan pelayanan kesehatan, rawat jalan dan rawat inap di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Pastikan kamu sudah terdaftar pada pelayanan kesehatan yang dekat dengan lokasi kamu ya.

 

Cara Bayar BPJS Kesehatan dengan BRImo

Terdapat berbagai jenis metode pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang bisa kamu manfaatkan, baik itu secara online dan offline. Namun harus diperhatikan ketika pertama kali melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan harus dilakukan di bank, karena kamu akan melakukan proses aktivasi akun BPJS Kesehatan. 

 

Untuk pembayaran iuran selanjutnya kamu tidak perlu pergi ke bank atau ke loket khusus pembayaran di kantor cabang BPJS Kesehatan. Kamu bisa melakukan pembayaran di merchant yang sudah bekerjasama dalam pembayaran BPJS Kesehatan, hal ini lebih memudahkan dalam pembayaran karena bisa dilakukan secara offline dan online.

 

Supaya lebih praktis, Kamu bisa menggunakan aplikasi BRImo untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara online, berikut ini cara bayar BPJS lewat BRImo:

- Login ke aplikasi BRImo

- Pilih opsi BPJS

- Masukan nomor pembayaran dan pilih masukan baru atau daftar simpan jika sudah menyimpan nomor pembayaran sebelumnya.

- Kode pembayaran BPJS Kesehatan adalah:

88888 + 11 digit nomor kartu BPJS bagi yang tidak terlambat membayar iuran

88881 + 11 digit nomor kartu BPJS bagi yang terlambat membayar iuran

- Cara masukan nomor pembayaran dengan membuang 2 angka pertama pada nomor BPJS yang tertera pada kartu BPJS, jadi angka yang kamu masukan adalah 11 angka saja yang diawali dengan angka 88888 atau 88881. Misalnya nomor peserta BPJS kamu 0001234567890, maka angka yang kamu masukan dalam kolom pembayaran adalah 8888801234567890

- Pilih Lanjut dan masukan PIN

- Proses pembayaran BPJS Kesehatan kamu telah selesai!

 

Setelah kamu mengetahui kemudahan cara bayar BPJS lewat BRImo, yuk pastikan kamu tidak telat membayar iuran BPJS Kesehatan supaya mendapatkan proteksi kesehatan maksimal untuk kamu dan keluarga. Serta untuk kamu yang belum menggunakan aplikasi BRImo bisa langsung mengunduh pada Google play store di android dan App store pada iOS. ayo lindungi kesehatan kamu dan keluarga mulai dari sekarang.