Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Latih Menabung dengan Tabungan untuk Anak Sekolah BRI Junio

Latih Menabung dengan Tabungan untuk Anak Sekolah BRI Junio

2020-08-02 23:55:57

Sejak dini sebaiknya anak dibiasakan untuk menabung. Harapannya dengan begitu, kebiasaan baik ini akan terus dilakukannya hingga dewasa kelak. 

Mengajarkan anak menabung secara tidak langsung melatih anak untuk belajar mengelola keuangan. Di samping itu, anak dibiasakan untuk berlatih berhemat sejak kecil. Manfaat lainnya adalah anak terbiasa lebih disiplin dan akan lebih menghargai uang. 

Mengingat banyaknya manfaat melatih anak menabung sejak dini, orang tua bisa mencoba untuk membiasakannya dari sekarang. Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan orang tua. 

1. Mengenalkan Fungsi Uang

Anak kecil memang belum tahu apa makna uang. Tugas orang tua untuk mengenalkan fungsinya. Dengan begitu anak akan tahu bahwa uang itu memiliki nilai dan bisa membelanjakannya dengan bijak. 

2. Memberi Anak Uang Saku

Ketika memasuki usia sekolah, anak bisa mulai diberi uang saku. Tujuannya adalah agar anak bisa mulai belajar mengatur uang secara mandiri. Saat memberikan uang saku, orang tua juga dapat mengingatkan agar anak tidak lupa menabung. 

3. Menabung di Celengan 

Untuk tahap awal, anak bisa dilatih menabung di celengan. Orang tua dapat membelikan celengan untuk anak dan ingatkan anak untuk rutin mengisinya. 

4. Beri Motivasi dan Tujuan Menabung 

Orang tua perlu terus mendorong anak agar menabung. Salah satu caranya adalah dengan memberikan motivasi serta arahan untuk menabung. Sebagai contoh, misalnya anak menginginkan sepeda. Sebagai orang tua, Anda bisa mendorong anak untuk rajin menabung dan nantinya hasil tabungan bisa digunakan  untuk membeli sepeda baru. 

5. Menabung di Bank 

Jika anak sudah terbiasa menabung di celengan, orang tua dapat mengajarkan anak untuk menabung di bank. Harapannya anak akan lebih mengenal lembaga keuangan ini dan nantinya semakin rajin untuk menabung. 

BRI memiliki produk tabungan BRI Junio. Tabungan ini dikhususkan untuk anak dan memiliki banyak fasilitas dan fitur yang menarik.

Jika Anda memiliki anak atau remaja dengan usia maksimal 17 tahun, Anda bisa mendaftarkannya untuk memiliki tabungan BRI Junio. 

Keunggulan Junio adalah terdapat fitur autodebet. Jadi dari rekening orang tua nantinya dapat diatur untuk melakukan autodebet setiap bulan dengan besaran tertentu ke rekening BRI Junio anak. Tentu saja hal itu lebih praktis karena tidak perlu datang langsung ke bank. 

Meski demikian, Anda pun tetap perlu untuk mengajarkan anak untuk menabung di bank. Caranya, setiap kali Anda datang ke bank, Anda bisa sekalian ajak putra-putri Anda. Sekaligus Anda minta anak Anda tersebut untuk menabung dengan rekening yang dimilikinya. Dengan begitu, anak bisa mendapatkan pengalaman menabung di bank secara langsung. 

6. Ajarkan Memilih 

Salah satu kunci sukses dalam menabung adalah kesadaran diri dalam memilih. Orang tua dapat mengajarkan anak agar memprioritaskan hal yang penting untuk dibeli dan menunda barang yang kurang penting. 

Di samping itu, orang tua juga perlu mengajarkan agar anak menabung di awal. ketika anak memperoleh uang saku, anak bisa langsung menyisihkan uang yang akan digunakan untuk menabung. 

7. Ajari dengan Menyenangkan

Anak suka bermain. Oleh karena itu, saat mengajarkan fungsi uang maupun pentingnya menabung, orang tua harus menyampaikannya dengan cara yang menyenangkan. Sebagai contoh, orang tua bermain peran dengan anak seperti penjual dan pembeli.