Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Informasi Mengenai BPJS Kesehatan yang Perlu Diketahui

Informasi Mengenai BPJS Kesehatan yang Perlu Diketahui

2021-12-02 16:29:19

Menjaga kesehatan merupakan keharusan bagi setiap manusia, karena dengan menjaga kesehatan kita sudah bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Dengan diri yang sehat pula kita bisa melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan sehari hari.

 

Namun, kita juga pernah jatuh sakit, baik sakit yang butuh penanganan ringan ataupun sakit yang membutuhkan layanan kesehatan untuk membantu penyembuhan. Dalam proses penyembuhan ini kita juga butuh biaya berobat, untuk penyakit tertentu dan berat butuh penanganan intens yang menelan biaya yang besar. Tentunya tidak semua orang mampu membiayai pengobatan yang besar.

 

Oleh karena itu negara hadir dengan memberikan fasilitas dalam bidang kesehatan. Maka lahirlah BPJS Kesehatan, dengan hadirnya BPJS Kesehatan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan. Manfaat yang diberikan BPJS Kesehatan adalah untuk berobat, operasi, persalinan, perawatan gigi,  rawat inap dan pelayanan kesehatan lainnya.

Meskipun layanan kesehatan BPJS sudah hadir dari tahun 2014, pada kenyataannya banyak masyarakat yang belum mengetahui beberapa peraturan BPJS kesehatan yang berlaku. Untuk mengetahui lebih mendalam simak terus artikel berikut ini:

 

1. Wajib untuk seluruh anggota keluarga

Dalam peraturan BPJS Kesehatan no. 4 tahun 2014 dinyatakan bahwa seluruh warga negara wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarga yang dalam satu kartu keluarga menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini bertujuan supaya perlindungan BPJS Kesehatan bisa merata dan menjangkau seluruh anggota keluarga. Dengan seluruh anggota keluarga terdaftar di BPJS Kesehatan menjadikan seluruh keluarga di indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

 

2. Tetap bisa menggunakan BPJS Kesehatan setelah terkena PHK

Sebagai pekerja di suatu perusahaan ada kemungkinan terkena pemutusan hubungan kerja bisa dikarenakan peraturan yang berlaku atau bisnis perusahaan yang sedang lesu. Namun, jika sewaktu waktu kamu diberhentikan bekerja karena secara sepihak karena peraturan yang berlaku atau sakit secara tiba tiba, kamu tidak perlu khawatir karena tetap bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan kamu. Karena setelah pemutusan hubungan kerja (PHK) BPJS Kesehatan kamu tetap aktif selama 6 bulan.

 

3.Bayi dalam kandungan bisa didaftarkan BPJS Kesehatan

Peraturan BPJS berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah jika sedang dalam masa kehamilan, kamu bisa mendaftarkan calon bayi dalam kandungan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Hal ini akan sangat membantu ketika bayi masuk dalam masa persalinan dan pasca persalinan. BPJS Kesehatan disini akan berfungsi membantu proses persalinan dan perawatan bayi.

 

4. Pengguna baru aktif setelah 14 hari kerja

Ketika baru mendaftar BPJS Kesehatan, kamu tidak bisa langsung menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan tersebut. Setelah melakukan pendaftaran kamu akan diberikan nomor virtual account. Kemudian kamu perlu menunggu 14 hari untuk melakukan pembayaran atau iuran BPJS Kesehatan untuk pertama kalinya. Kamu bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan untuk pertama kalinya di bank. Selanjutnya supaya mempermudah kamu dalam melakukan pembayaran BPJS Kesehatan pada iuran berikutnya pada tiap bulan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi BRImo untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara online. Untuk cara pembayaran melalui BRImo bisa ikuti cara berikut ini:

-Login melalui aplikasi BRImo

-Pilih opsi BPJS Kesehatan

-Masukan nomor pembayaran lalu pilih masukan baru atau daftar simpan,  jika kamu sudah menyimpan nomor pembayaran sebelumnya.

-Kode pembayaran BPJS Kesehatan adalah:

88888 + 11 digit nomor kartu BPJS bila tidak terlambat membayar iuran

88881 + 11 digit nomor kartu BPJS bila terlambat membayar iuran

Cara masukan nomor pembayaran dengan membuang 2 angka pertama pada nomor BPJS yang tertera pada kartu BPJS, jadi angka yang kamu masukan adalah 11 angka saja yang diawali dengan angka 88888 atau 88881. Misalnya nomor peserta BPJS kamu 0001234567890, maka angka yang kamu masukan dalam kolom pembayaran adalah 8888801234567890

Pilih Lanjut dan masukan PIN kamu

Proses pembayaran BPJS Kesehatan telah selesai

 

Setelah mengetahui informasi peraturan BPJS Kesehatan dan cara pembayaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi BRImo diharapkan kamu bisa lebih mengetahui mengenai BPJS Kesehatan secara mendalam. Kemudian jangan lupa untuk mengunduh aplikasi BRImo hanya melalui Google Play Store di Android dan App Store di iOS ya. Ayo daftarkan anggota keluarga kamu supaya mendapatkan pelayanan kesehatan memadai dari BPJS Kesehatan.