Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cobain Nih Tips Mudah Menabung untuk Pelajar

Cobain Nih Tips Mudah Menabung untuk Pelajar

2020-04-16 02:11:30

Pelajar terkadang merasa kesulitan menyisihkan uang untuk menabung. Padahal sebetulnya hal itu tak sesulit yang dibayangkan. Ikuti beberapa tips mudah menabung bagi pelajar berikut ini

 

1. Tetapkan Tujuan

Untuk apa pelajar menabung? Apakah untuk biaya melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, membeli barang impian, atau mungkin untuk dana liburan ke destinasi wisata impian?

Sebaiknya memang perlu memiliki tujuan yang jelas sebelum menabung. Dengan begitu harapannya ada motivasi kuat untuk mewujudkannya. 

 

2. Target Jumlah Tabungan

Berapa besar dana yang ingin dikumpulkan saat menabung? Apakah Rp5 juta, Rp10 juta, atau berapapun itu sebaiknya targetkan secara jelas sehingga Anda memiliki patokan yang jelas kapan goal tersebut dapat tercapai. 

Sebagai contoh misalnya sekolah Anda akan melakukan darmawisata ke Bali pada tahun depan. Untuk biaya liburan tersebut, pelajar membutuhkan sedikitnya uang Rp2 juta. Maka, Anda dapat menetapkan misalnya target Rp5 juta. 

Dengan memiliki target jumlah tabungan, pelajar akan lebih terpacu untuk mewujudkannya. 

 

3. Jangka Waktu 

Berapa jangka waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya? Misalnya Anda memiliki waktu 2 tahun untuk mengumpulkan uang dengan nominal yang dibutuhkan. Jika misalnya Anda memiliki target tabungan sebesar Rp5 juta, jika dibagi dalam 24 bulan, maka paling tidak setiap bulannya harus menabung sebesar Rp208.333.

Menetapkan target waktu ini juga penting agar kegiatan menabung menjadi lebih terarah. Terlebih setelah Anda membagi jumlah waktu yang tersedia dengan nominal target yang dibutuhkan, ternyata "cicilan" tabungan per bulannya pun terasa ringan. Hal ini akan membuat pelajar lebih mudah untuk dapat mewujudkannya. 

 

4. Menabung di Bank

Alih-alih menabung di celengan, lebih baik memilih menabung di bank. Ada Tabungan BRI BritAma yang memiliki banyak keunggulan dan fasilitas bagi nasabah. 

Biar lebih baik lagi, seandainya anda memilih menggunakan tabungan yang memiliki kartu ATM, Anda dapat meminta orang tua untuk menyimpan kartu ATM tersebut. Dengan begitu Anda tidak bisa seenaknya mengambil dana yang sudah ditabung. 

 

5. Disiplin

Kunci sukses dalam menabung adalah disiplin. Anda harus secara rutin menyisihkan uang saku untuk ditabung. Jika misalnya Anda memiliki tambahan uang lain, misal dari berbisnis kecil-kecilan, Anda pun harus rajin menyisihkannya. 

Jangan mudah tergoda untuk membelanjakan uang melebihi keperluan. Selalu ingat tujuan Anda dalam menabung dan target jumlah dana yang harus Anda kumpulkan. 

 

6. Bawa Bekal

Sangat baik jika Anda membawa bekal makanan sendiri saat sekolah. Tidak perlu malu. Justru hal ini dapat menghemat pengeluaran. Orang tua pun akan senang akan kebiasaan baik Anda. 

Selain itu, membawa bekal makanan sendiri lebih bijak. Anda dapat memilih menu makanan sehat yang baik untuk pelajar. 

 

7. Coba Berbisnis

Sekalipun masih pelajar, tak ada salahnya untuk mencoba berbisnis kecil-kecilan. Misalnya dengan berjualan pulsa, alat tulis, atau yang lainnya. 

Cara ini akan mengasah mental sekaligus juga berpotensi untuk mendapatkan keuntungan. Nantinya hasil dari bisnis Anda tersebut dapat ditabung di bank untuk mempercepat tercapainya target tabungan. 

 

8. Cari Pekerjaan Paruh Waktu

Jika tidak ingin berbisnis, Anda bisa coba untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Yang terpenting adalah pekerjaan tersebut tidak sampai mengganggu kegiatan sekolah dan waktu belajar. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang mudah dikerjakan dan tidak banyak memakan waktu. 

Dengan melakukan pekerjaan, Anda pun akan mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini akan mempercepat terkumpulnya pundi-pundi uang pada tabungan Anda. 

Demikianlah beberapa tips mudah menabung bagi pelajar. Mari mulai sekarang kebiasaan baik menabung agar masa depan lebih terencana.