Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cara Mudah Menghemat Pemakaian Listrik

Cara Mudah Menghemat Pemakaian Listrik

2021-12-21 09:12:03

Di zaman sekarang ini kita tidak bisa lepas dari pemakaian listrik, kebutuhan sehari hari akan listrik sudah menjadi ketergantungan di zaman modern ini. Dimasa yang akan datang pun akan banyak perangkat perangkat rumah tangga yang mulai bermigrasi menggunakan sumber daya listrik, seperti kompor listrik yang sebelumnya menggunakan gas atau minyak tanah, kendaraan yang dulunya menggunakan bahan bakar minyak dimasa depan akan mulai bertransformasi menggunakan sumber daya listrik. 

 

Ketergantungan manusia akan listrik semakin besar dimasa mendatang. Untuk itulah sebagai pengguna yang ketergantungan akan sumber daya listrik kita perlu menerapkan beberapa cara guna menghemat pemakaian listrik supaya tagihan listrik tidak membengkak. Ada beberapa cara menghemat listrik yang bisa diterapkan khususnya untuk kamu yang banyak melakukan aktivitas dirumah seperti kerja dari rumah atau mengelola bisnis rumahan. Untuk cara mudah menghemat pemakaian listrik kamu bisa simak terus artikel berikut ini:

 

1. Menggunakan Listrik Prabayar

Saat ini pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa disebut PLN telah menerapkan kebijakan penggunaan meteran listrik dengan sistem prabayar atau yang lebih sering dikenal dengan sistem pulsa. Kebijakan ini sudah mulai diterapkan dalam beberapa tahun di rumah rumah yang tergolong baru.

Dengan menggunakan meteran listrik prabayar, pengguna diwajibkan untuk membeli token atau pulsa listrik, pembelian listrik dengan token ini tergolong lebih mudah karena kamu bisa langsung mengontrol pemakaian listrik rumah dan kamu tidak perlu khawatir akan pemakaian listrik yang berlebihan. Sebab penggunaan listrik dengan dengan sistem token akan memaksa penggunanya untuk lebih bijak dalam penggunaan listrik dan dapat menghemat pemakaian listrik rumahan.

 

2. Matikan Perangkat yang Tidak Digunakan

Cara menghemat listrik berikutnya adalah dengan mematikan perangkat yang sudah tidak digunakan lagi. Sering kali kita lupa untuk mematikan perangkat seperti lampu, TV atau perangkat lain ketika sudah selesai penggunaan. Sebagai contoh: terkadang kita pernah tidak mematikan lampu, entah itu lampu kamar mandi, kamar tidur, atau lampu di ruang keluarga. Padahal dengan kita mematikan lampu ketika sudah tidak di ruangan tersebut atau sudah tidak digunakan akan bisa menghemat pemakaian energi listrik.

Sebenarnya ada cara mudah bagi kamu yang suka lupa mematikan lampu dirumah, kamu bisa coba menggunakan perangkat pintar khusus rumah, seperti lampu yang bisa kamu atur waktu hidupnya. Jadi ketika kamu lupa mematikan lampu maka lampu tersebut akan mati dengan otomatis di jam yang telah kamu tentukan. Memang cara ini membutuhkan perangkat tambahan atau jenis lampu tertentu. Namun, dengan cara ini kamu bisa lebih mengurangi pemakaian listrik rumah.

 

3. Menggunakan Lampu LED

Dengan perkembangan teknologi saat ini, sudah tercipta perangkat dengan kualitas lebih bagus dan lebih hemat energi, salah satunya adalah lampu LED. dengan mengganti lampu dirumah dengan lampu LED maka kamu bisa menekan penggunaan listrik rumah. Karena lampu LED menggunakan watt atau konsumsi dayanya lebih rendah dari lampu bohlam biasa. 

Namun, banyak orang yang enggan untuk menggunakan lampu LED karena harganya bisa lebih mahal dari lampu bohlam biasa. Untuk lampu LED kisaran harganya bisa di angka Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu perbuahnya tergantung dari merek yang dipilih. Meskipun harganya jauh di atas lampu bohlam tapi kamu bisa menggunakan lampu LED lebih awet karena masa pakainya lebih panjang dibanding lampu bohlam dan juga kamu bisa menghemat pemakaian listrik karena lampu LED konsumsi energi listriknya rendah.

 

4. Mengatur Pemakaian Perangkat dengan Daya Besar

Cara selanjutnya untuk menghemat pemakaian listrik adalah dengan mengatur perangkat elektronik dirumah yang konsumsi dayanya besar. Ada beberapa perangkat elektronik dirumah yang menggunakan daya besar seperti AC, mesin cuci, microwave, oven, dispenser. Perangkat elektronik ini menggunakan daya besar, untuk itu perlu diatur pemakaiannya.

Misalnya ketika kamu menggunakan microwave jika ingin menghangatkan makanan saja, pastikan saja menghangatkan makanan tidak terlalu lama dan jumlah makanannya tidak terlalu banyak. Karena semakin banyak makanan yang dihangatkan maka waktu penggunaan microwave akan lebih lama dan banyak mengkonsumsi daya listrik. Jika jumlah makanan yang ingin dihangatkan porsinya besar, kamu bisa gunakan kompor untuk menghangatkan makanan tersebut.

Untuk meminimalisir terjadinya kehabisan listrik ketika sedang menggunakan perangkat elektronik dengan konsumsi daya besar, ada baiknya kamu memastikan sisa daya listrik untuk rumah kamu cukup atau jika memang kehabisan dan membutuhkan pengisian token secara cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi BRImo untuk melakukan pembelian token listrik. Cara pembelian token listrik melalui aplikasi BRImo juga sangat mudah, kamu bisa ikuti cara berikut ini:

- Login ke aplikasi BRImo

- Lalu pilih menu PLN

- Berikutnya pilih menu listrik dan pilih token listrik

- Masukan ID pelanggan kamu atau biasanya disebut nomor meter

- Kemudian pilih nominal, pada layar akan tampil pilihan mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah

- Selanjutnya pilih Lanjut kemudian Konfirmasi

- Masukan PIN dan pilih Lanjut

- Proses pembelian token PLN telah berhasil

 

Setelah berhasil melakukan pembelian token listrik selanjutnya, kamu bisa memasukan 20 digit nomor token ke meteran listrik. Kemudian bagi kamu yang saat ini belum menggunakan aplikasi BRImo kamu bisa mengunduhnya melalui Appstore di iOS dan Google playstore di android. Mari kita mulai menghemat pemakaian listrik rumah tangga supaya tagihan tidak membengkak dan menghemat biaya pengeluaran rumah tangga.