Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cara Aman Belanja Online di E-commerce

Cara Aman Belanja Online di E-commerce

2021-11-23 10:33:29

Tren kegiatan belanja online semakin meningkat beberapa tahun terakhir ini, apalagi ketika pandemi melanda seluruh negara yang menyebabkan terbatasnya kegiatan manusia di luar rumah. Karena terbatasnya kegiatan diluar rumah menyebabkan kegiatan belanja yang selama ini dilakukan diluar rumah harus dilakukan dirumah saja.

 

Belanja online sendiri memiliki keuntungan sendiri selain bisa dilakukan kapan saja tidak terbatas pada jam operasional toko saja, keuntungan lainnya adalah lebih menghemat waktu ketika belanja, kita tinggal mengetikan saja produk yang diinginkan dan langsung membukanya tanpa perlu mencari produk tersebut ketika belanja langsung pusat perbelanjaan. 

 

Saat tren belanja online ini terus menaik, turut hadir juga berbagai ecommerce yang meramaikan tren belanja online dengan iming iming promo dan hadiah menarik ketika belanja di platform ecommerce tersebut. 

 

Tentu saja sulit rasanya untuk menolak promo dan hadiah yang ditawarkan, dengan adanya promo menarik kita juga harus jeli dalam memilih produk, jangan sampai kecewa saat membeli produk atau jasa secara yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana strategi ketika belanja online.

Supaya kamu bisa mengetahui cara aman belanja online di ecommerce bisa simak terus tips berikut ini:

Perangkat yang Aman

Sebelum belanja di ecommerce pastikan perangkat yang kamu gunakan aman, seperti laptop, komputer, smartphone kamu tidak mengandung virus yang berbahaya. Karena sering kali transaksi online menjadi tidak aman karena perangkat yang digunakan sudah terjangkit virus. Untuk itu perlu kamu menggunakan antivirus terpercaya untuk melindungi kamu saat transaksi online.

 

Pilih Ecommerce Terpercaya

Ada beragam ecommerce yang ada saat ini, jenisnya pun juga beragam ada yang menyediakan kebutuhan fesyen, elektronik, makanan serta kebutuhan sehari-hari dan ecommerce yang menjual semua produk dan jasa. 

 

Pada umumnya ecommerce yang terpercaya sudah memiliki metode perlindungan yang terjamin keamanannya. Perhatikan juga reputasi ecommerce tersebut di toko aplikasi. Kamu juga mencari informasi mengenai ecommerce tersebut dengan melihat review-review yang ada.

 

Pilih Penjual dengan Reputasi Baik

Setelah memilih ecommerce saatnya kamu mencari produk ada beragam produk yang serupa tersedia di ecommerce. Supaya kamu tidak bingung kamu bisa memilih penjual yang memilih reputasi baik, biasanya memiliki tag tertentu atau dengan reputasi bintang. 

 

Pemilihan penjual yang baik akan sangat berpengaruh pada pelanggannya, pada umumnya penjual yang memiliki reputasi baik lebih cepat membalas pesan kamu atau foto produknya jelas dan bukan foto hasil curian. Cermati juga review atau ulasan yang diberikan pembeli sebelumnya, dari ulasan tersebut kamu akan mengetahui bagaimana pelayanan dari penjual tersebut.

 

Bandingkan Penjual

Ketika kamu sudah menemukan beberapa penjual dengan reputasi yang baik saat nya kamu membandingkannya supaya mendapatkan harga produk atau jasa yang kompetitif. Kamu bisa cek total harga yang diberikan apakah sudah termasuk harga produk, biaya pengemasan dan biaya kirim. 

 

Cermat dalam membandingkan bisa memberikan kamu keuntungan seperti mendapatkan harga lebih kompetitif, waktu pengiriman yang lebih singkat dan keamanan produk ketika dalam masa pengiriman.

 

Membaca Deskripsi Produk

Teliti dalam membaca deskripsi produk saat berbelanja di ecommerce sangatlah penting. Karena kamu tidak bisa melihat atau memegang produk secara langsung, menjadikan deskripsi produk sebagai alat bantu dalam memilih dan menentukan keputusan membeli produk.

 

Biasanya dalam deskripsi produk mencantumkan warna, ukuran, bahan, kualitas barang dan kuantitas produk yang tersedia. Jika tidak teliti membaca mungkin saja kamu akan membeli produk yang palsu atau warna yang tidak sesuai, yang berujung pada kekecewaan.

 

Pelajari Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Sebelum menggunakan ecommerce untuk belanja online ada baiknya mempelajari syarat dan ketentuan yang ditetapkan ecommerce tersebut. Karena seringkali kita tidak membaca syarat dan ketentuan, ketika terjadi hal yang tidak biasa barulah kita mengeluh, padahal kejadian yang terjadi itu normal dan sudah di informasikan pada syarat dan ketentuan.

 

Melakukan Pembayaran Sesuai Ketentuan

Tips aman belanja online di ecommerce yang terakhir adalah melakukan pembayaran sesuai ketentuan. Saat kita sudah menentukan produk yang ingin dibeli, langkah selanjutnya adalah melanjutkan ke metode pembayaran. 

 

Ada banyak metode pembayaran yang disediakan oleh ecommerce, jangan pernah kamu melakukan pembayaran langsung ke rekening penjual ya. Selain untuk menghindari penipuan cara tersebut juga tidak dianjurkan oleh penyedia e commerce. Kamu bisa memanfaatkan rekening bersama yang sudah disediakan ecommerce dengan berbagai metode pembayaran yang aman. Salah satu metode pembayaran yang aman adalah BRI virtual account (BRIVA). Untuk memudahkan kamu transfer menggunakan BRIVA bisa ikuti langkah berikut ini:

- Buka aplikasi BRImo.

- Login dengan memasukan User ID dan password.

- Pilih opsi BRIVA kemudian klik pembayaran baru.

- Masukan nomor virtual account tujuan lalu klik lanjutkan.

- Cek data pembayaran dan pastikan nomor virtual account, rekening asal dan jumlah nominal dana sudah sesuai. Jika semua data telah benar bisa klik opsi benar.

- Masukin pin BRImo dan proses transfer telah berhasil dilakukan.

 

Jadi sekarang kamu bisa transaksi di e-commerce secara aman dengan BRIVA, selain transaksi lebih aman kamu juga tidak perlu keluar rumah karena dengan aplikasi BRImo kamu bisa bebas transaksi kapanpun dan dimanapun. Jangan lupa untuk selalu menggunakan aplikasi BRImo dengan download melalui Google playstore dan Appstore pada iOS. Ayo langsung rasakan pengalaman transaksi menyenangkan, praktis dan aman hanya di aplikasi BRImo.