Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Berapa Lama Maksimal Tenor Pinjaman KTA BRI?

Berapa Lama Maksimal Tenor Pinjaman KTA BRI?

2020-08-02 23:26:22

Pinjaman KTA BRIguna memiliki tenor atau jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun (180 bulan). Pilih tenor yang tepat agar pinjaman Anda terasa ringan. 

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan nasabah BRI saat hendak mengajukan KTA BRIguna adalah berapa lama jangka waktu kredit. Ya, BRIguna memberikan jangka waktu kredit sampai 15 tahun atau sampai masa persiapan pensiun. 

Perlu diketahui sebelumnya, BRIguna memiliki beberapa jenis produk. Penjelasan produk tersebut beserta tenor / jangka waktu maksimal pinjaman adalah sebagai berikut.

  1. Briguna karya merupakan pinjaman KTA yang diberikan kepada debitur yang memiliki penghasilan tetap seperti gaji. Tenor yang diberikan bisa hingga 15 tahun. 
  2. Briguna purna adalah pinjaman untuk pensiunan. Pinjaman ini juga memiliki jangka wkatu bisa sampai 15 tahun atau ketika maksimal usia peminjam mencapai 75 tahun. 
  3. BRIguna umum adalah pinjaman yang bisa diperoleh oleh pegawai berpenghasilan tetap. Tenor yang diberikan sampai 15 tahun atau hingga usia peminjam mencapai 75 tahun. 
  4. BRIguna pendidikan adalah pinjaman untuk menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3. Jangka waktu pinjaman untuk mahasiswa S2 adalah sampai 6 tahun, sedangkan untuk mahasiswa S3 adalah sampai 10 tahun. Pinjaman ini sering digunakan oleh para dosen yang melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Itulah daftar lengkap informasi jangka waktu pinjaman BRIGuna. Ketiga produk BRIGuna memiliki jangka waktu hingga 15 tahun atau sampai peminjam berusia 75 atahun. Sedangkan untuk BRIguna pendidikan memiliki tenor hingga 6 tahun (bagi mahasiswa S2) dan 10 tahun (bagi mahasiswa S3). 

Keuntungan Memilih KTA Tenor Panjang 

Tiap orang memiliki pilihan sendiri dalam memilih hingga berapa lama pinjaman tersebut akan dilunasi. Bagi yang memilih jangka waktu pinjaman dalam durasi panjang, misalnya hingga 15 tahun, akan menikmati keuntungan berupa: 

  1. Bisa mendapatkan plafon pinjaman lebih besar. 
  2. Proses pencairan dana akan lebih cepat.
  3. Suku bunga pinjaman dapat lebih rendah. Terlebih jika kebutuhan dana berjumlah besar. Anda dapat melakukan negosiasi mengenai bunga pinjaman. 
  4. Cicilan per bulan akan terasa lebih ringan.
  5. Lebih mudah mengatur keuangan keluarga karena beban cicilan yang ringan

Tepat jika pinjaman bank berdurasi panjang ini digunakan untuk pengembangan usaha. Misalnya Anda sudah memiliki usaha dan membutuhkan tambahan modal sebesar Rp500 juta untuk mengembangkannya.

Anda sebaiknya memilih durasi pinjaman yang panjang agar lebih ringan saat mencicil. Selain itu, nantinya pembayaran cicilan itu tidak akan terasa karena pembayaran cicilan akan dilakukan oleh hasil keuntungan usaha Anda.

Tepat memilih pinjaman KTA bertenor panjang untuk kebutuhan yang membutuhkan dana besar. Selain untuk pengembangan bisnis, bisa juga untuk renovasi rumah, biaya pernikahan, atau yang lainnya. 

Biar Gampang Tembus KTA

Bank melakukan penilaian sebelum memutuskan menyetujui pengajuan KTA calon debitur. Pinjaman Anda akan lebih mudah disetujui bank jika:

  1. Anda tergolong debitur beresiko rendah. Artinya, Anda memiliki riwayat kredit yang baik, tidak suka telat melakukan pembayaran cicilan, dan di masa depan kecil kemungkinan melakukan gagal bayar. 
  2. Nilai cicilan per bulan Anda lebih kecil dari kemampuan bayar Anda. 
  3. Memiliki penghasilan tetap akan lebih memungkinkan KTA Anda disetujui, karena adanya kepastian penghasilan tetap yang dimiliki. 

Atau jika Anda seorang pengusaha, bisnis Anda sedang bagus dan memiliki prospek cerah di masa depan. 

Itulah beberapa hal yang menjadi pertimbangan bank sebelum menyetujui pinjaman debitur. Coba apply sekarang juga pinjaman KTA BRIguna di kantor BRI terdekat. Penuhi kebutuhan Anda untuk mendapatkan dana cepat bersama BRI.