Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

7 Manfaat Transaksi Non Tunai untuk Kemudahan Hidup Masyarakat Modern

7 Manfaat Transaksi Non Tunai untuk Kemudahan Hidup Masyarakat Modern

2021-04-13 16:08:41

Transaksi keuangan dahulu memang identik dengan uang tunai dalam jumlah banyak, terutama untuk objek jual beli bernilai besar seperti properti. Namun kini masyarakat modern mendapatkan kemudahan melalui sistem transaksi non tunai sehingga tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak secara langsung. Transaksi non tunai (yang juga dikenal dengan sebutan cashless) bisa dilakukan menggunakan alat pembayaran non tunai yang berlaku secara sah di mata negara.

Mengenal Jenis-Jenis Alat Pembayaran Non Tunai

Berdasarkan jenisnya, alat pembayaran non tunai bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Kartu dan Elektronik

Beberapa alat pembayaran non tunai berbasis kartu dan elektronik adalah sebagai berikut:

- Kartu Debit: kamu bisa mendapatkan kartu Debit bila sudah menjadi nasabah di suatu bank. Kartu ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi via mesin ATM atau mesin Electronic Data Capture (EDC) berupa tarik tunai atau transfer.

- Kartu Kredit: meskipun mirip dengan kartu ATM, kartu kredit dikhususkan untuk transaksi pembayaran dan belanja. Kamu dapat menggunakan kartu kredit sesuai besaran limitnya meskipun tidak memiliki uang tunai dalam jumlah memadai.

- Uang Elekronik: dioperasikan dengan sistem chip based. Sepintas mirip dengan ATM tetapi kamu harus mengisi saldonya uang elektronik bisa digunakan, contohnya BRIZZI dari BRI.

- Electronic wallet (e-wallet): dioperasikan dengan sistem server based. Berbeda dengan e-money, e-wallet tidak punya bentuk fisik sehingga saldonya hanya bisa diakses melalui aplikasi smartphone, contohnya OVO dan ShopeePay.

- Internet Banking: aksesnya bisa dilakukan via desktop atau smartphone.

- Mobile Banking: fiturnya mirip dengan internet banking tetapi hanya bisa diakses via smartphone.

Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Warkat

Warkat adalah surat berharga yang diterbitkan bank sebagai instrumen penarikan dana bagi nasabah yang punya rekening giro atau rekening koran. Beberapa jenis alat pembayaran non tunai berbasis warkat yaitu:

- Wesel: dapat digunakan untuk menagih ke bank yang menerima uang hasil transfer.

- Cek: surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang bertanggung jawab mengelola rekening giro.

- Bilyet giro: fasilitas untuk memindahkan dana dari pemilik rekening ke rekening penerima.

- Nota kredit: untuk mengirim atau memindahkan dana bukan tunai pada nasabah bank lain melalui kliring.

- Nota debet: mirip seperti nota kredit, fungsinya untuk menagih bank lain atau nasabah lain melalui kliring.

- Nota pemindahbukuan: berguna untuk memindahkan dana dalam jumlah besar dari satu rekening ke rekening lain dalam bank yang sama.

Manfaat Transaksi Non Tunai untuk Masyarakat Modern

Beberapa tahun belakangan ini, transaksi non tunai berbasis elektronik semakin digandrungi masyarakat karena mempunyai sejumlah kelebihan, yaitu:

Mempercepat Proses Transaksi

Tak dapat dipungkiri bahwa transaksi non tunai lebih unggul daripada transaksi tunai karena prosesnya cepat. Kamu tidak perlu mengunjungi bank dan menunggu antrean panjang ketika hendak melakukan transaksi. Jika menggunakan alat transaksi berbasis kartu, kamu hanya perlu mencari mesin ATM atau merchant terdekat yang menyiapkan mesin EDC. Bahkan, alat transaksi berbasis elektronik memungkinkan kamu bertransaksi dalam waktu beberapa detik dengan sistem scanning QR Code (kode QR).

Mendukung Aktivitas Transaksi Tanpa Uang Tunai di Berbagai Daerah

Kalau kamu sudah terbiasa bertransaksi dengan alat pembayaran non tunai, kamu tak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika berbelanja, traveling, atau melakukan aktivitas lainnya. Saat ini, sudah banyak merchant yang menyiapkan fasilitas pembayaran non tunai bagi pelanggan. Kamu hanya perlu menyiapkan paket data dengan kecepatan internet yang memadai jika terbiasa bertransaksi non tunai menggunakan e-wallet.

Melakukan Registrasi Tanpa Harus ke Bank

Alat pembayaran non tunai berupa uang elektronik dan e-wallet sangat mudah digunakan dan proses registrasinya tak perlu dilakukan di bank. Kamu bisa membeli uang elektronik di minimarket, halte, atau stasiun transportasi umum. Nantinya, kamu dapat melakukan top up saldo uang elektrobik via ATM atau aplikasi mobile. Sedangkan aplikasi e-wallet bisa langsung diunduh di Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kamu tinggal menyelesaikan prosedur registrasi dengan mengisi data diri hingga aplikasi e-wallet siap digunakan.

Mewujudkan Transaksi yang Aman dan Minim Penipuan

Membawa uang dalam jumlah besar saat melakukan transaksi tentu tidak aman. Selain itu, uang fisik dalam jumlah besar juga meningkatkan risiko penipuan. Itulah sebabnya transaksi non tunai menjadi solusi terbaik yang aman dan minim penipuan. Saldo yang tersimpan di alat transaksi elektronik senantiasa terjamin keamanannya karena dilindungi sistem proteksi yang selalu diperbarui berupa PIN, kode OTP, password, dan lainnya.

Memaksimalkan Perolehan Diskon atau Cashback

Keunggulan transaksi non tunai berbasis elektronik yang sangat digemari masyarakat modern adalah penawaran diskon atau cashback. Kamu bisa memaksimalkan upaya penghematan bila berbelanja menggunakan alat pembayaran non tunai. Bila ingin mendapatkan diskon atau cashback, kamu mesti mencermati promo yang diadakan sejumlah merchant tertentu sehingga kamu tidak melewatkan promo tersebut.

Mempermudah Proses Pencatatan Pengeluaran Pribadi

Semua transaksi non tunai yang kamu lakukan akan tercatat sebagai mutasi dalam kurun waktu tertentu. Kamu dapat menggunakan catatan tersebut untuk mendukung proses pencatatan pengeluaran pribadi. Mencatat pengeluaran pribadi sangat penting untuk memantau kondisi finansial secara teratur. Bila kamu mencatat daftar pengeluaran pribadi setiap bulan, kamu dapat mengidentifikasi hal-hal yang membuatmu jadi boros. Sehingga nantinya kamu bisa meminimalkan pengeluaran tersebut agar kamu lebih hemat, misalnya membatasi pengeluaran untuk jajan makanan via ojek online.

Meminimalkan Risiko Wabah Penyakit Menular

Di masa pandemi, pemerintah menggalakkan transaksi non tunai sebagai prioritas sistem pembayaran karena ampuh meminimalkan risiko wabah penyakit menular. Beberapa kelebihan transaksi cashless di masa pandemi, antara lain:

- Kamu tidak perlu melakukan kontak fisik dengan uang tunai bila mengandalkan transaksi cashless. Uang tunai bisa menjadi perantara penyebaran penyakit menular (termasuk Covid-19) karena berpindah dari satu tangan ke tangan lain sehingga rentan terpapar mikroorganisme penyebab penyakit.

- Kamu juga dapat menghindari kerumunan antrean panjang di bank karena transaksi bisa dilakukan secara praktis melalui ATM, mesin EDC, atau scanning kode QR di merchant. Kerumunan orang yang terbentuk di suatu lokasi merupakan pemicu penyebaran Covid-19 dari satu orang ke orang lain.

- Kamu bisa mengurangi aktivitas di luar rumah karena transaksi non tunai bisa dimanfaatkan untuk belanja online dan membayar berbagai jenis tagihan, seperti tagihan PLN, air, TV kabel, asuransi, cicilan kredit, dan lainnya.

Untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan cashless society, BRI menghadirkan inovasi berupa kode QR yang bisa digunakan pada aplikasi BRImo. Fitur kode QR BRImo dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant yang sudah mengimplementasikan sistem QRIS. Cara menggunakan fitur tersebut sangat mudah, kamu tinggal memilih opsi QR pada aplikasi BRImo, pilih rekening sumber dana, lalu masukkan PIN. Selanjutnya, tunjukkan kode QR yang muncul agar bisa langsung di-scan oleh pengelola merchant. Kamu akan menerima notifikasi yang menandakan bahwa transaksi berhasil dan rekeningmu pun sudah terdebit secara otomatis.

Nah, sekarang kamu tahu kan kalau BRI konsisten mendukung semua aktivitas finansialmu melalui BRImo, aplikasi internet banking berbasis Aplikasi yang memberikan kemudahan bertransaksi dengan User Interface dan User Experience terbaru melalui fitur-fitur canggihnya. Kalau belum mengunduh dan menggunakan aplikasi BRImo, yuk unduh sekarang juga dan rasakan beragam manfaatnya!