Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

7 Manfaat Memiliki BPJS Kesehatan dan Mudahnya Pembayaran Via Dompet Digital

7 Manfaat Memiliki BPJS Kesehatan dan Mudahnya Pembayaran Via Dompet Digital

2021-06-21 11:32:49

Masyarakat yang sehat adalah modal awal untuk membangun bangsa yang kuat dan maju. Itulah sebabnya pemerintah Republik Indonesia mulai gencar memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan jaminan kesehatan bagi semua kalangan masyarakat melalui BPJS Kesehatan.

Apa Itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan adalah lembaga yang bertugas memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Lembaga yang awalnya bernama PT Asuransi Kesehatan Indonesia (Askes) ini mulai beroperasi sejak 1 Mei 2014 dengan sistem kerja yang diatur sepenuhnya oleh Undang-Undang tentang BPJS. Cara bayar BPJS kesehatan kini semakin mudah karena bisa dilakukan melalui transfer antar bank, dompet digital OVO, dan metode pembayaran lainnya.

Mengenal Berbagai Manfaat Kepemilikan BPJS Kesehatan

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh masyarakat pemilik BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

Mendapatkan Proteksi Hampir Semua Jenis Penyakit

BPJS kesehatan memproteksi lebih dari 155 jenis penyakit yang wajib ditangani fasilitas kesehatan 1 (faskes 1). Faskes 1 adalah tempat pertama yang wajib didatangi peserta BPJS kesehatan untuk berobat. Biasanya faskes 1 meliputi klinik kesehatan, puskesmas, atau dokter umum yang telah menjadi mitra BPJS kesehatan. Beberapa penyakit atau layanan kesehatan yang ditanggung BPJS kesehatan antara lain:

- Biaya melahirkan normal maupun caesar (dengan rekomendasi khusus dari dokter kandungan).

Kanker.

- Diabetes melitus.

- Stroke.

- Gangguan jantung.

- Kecelakaan lalu lintas.

Meringankan Beban Finansial Masyarakat dengan Iuran Terjangkau

Tak seperti asuransi kesehatan yang preminya berkisar mulai dari ratusan ribu rupiah, iuran BPJS Kesehatan jauh lebih terjangkau. Ada tiga golongan iuran BPJS kesehatan dengan rincian sebagai berikut: 

- Kelas I: Rp 150.000 per bulan

- Kelas II: Rp 100.000 per bulan

- Kelas III: Rp 35.000 per bulan

Iuran BPJS Kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dibayarkan Pemerintah Daerah (Pemda). Sedangkan iuran bagi karyawan swasta, Aparat Sipil Negara (APN), TNI, Polri, dan pejabat negara dibayar langsung oleh pemberi kerja melalui pemotongan gaji.

Memberikan Proteksi Kesehatan Seumur Hidup

Mayoritas asuransi kesehatan memberikan proteksi hingga pemegang premi mencapai usia 65 tahun. Namun, tidak demikian halnya dengan BPJS Kesehatan. Kini, BPJS Kesehatan memproteksi masyarakat seumur hidup hingga usia 100 tahun. Sehingga masyarakat tak perlu mengkhawatirkan jaminan kesehatan yang diperoleh selama masih menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Meniadakan Syarat Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah istilah di bidang asuransi kesehatan untuk menggambarkan kondisi kesehatan seseorang yang mengidap riwayat penyakit tertentu ketika sedang membeli asuransi kesehatan. Contohnya, seseorang yang memiliki penyakit jantung bawaan sejak lahir, stroke, autoimun, kanker, atau telah melakukan pemasangan ring jantung. Biasanya asuransi kesehatan akan menolak calon peserta yang memiliki pre-existing condition. Hasil medical check up dijadikan salah satu indikator untuk menentukan nilai premi yang wajib dibayar. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan karena prinsip operasionalnya justru berniat membantu masyarakat yang lemah dari sisi finansial maupun kualitas kesehatan.

Menyediakan Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (PTKP)

Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (PTKP) bagi peserta BPJS Kesehatan mencakup:

- Rawat jalan atau rawat inap di puskesmas, klinik, atau faskes yang setara dengan tingkat pertama.

- Praktik mandiri dokter umum dan dokter gigi.

- Rumah sakit kelas D pratama atau setara.

- Faskes penunjang, seperti apotek dan laboratorium.

Menyediakan Manfaat Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP)

Beberapa manfaat Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) yang ditanggung BPJS Kesehatan, antara lain:

- Penyuluhan kesehatan, imunisasi rutin, konseling program Keluarga Berencana (KB), vasektomi dan tubektomi, screening kesehatan, dan peningkatan kesehatan bagi peserta yang punya riwayat penyakit kronis.

- Pelayanan bersifat kuratif dan rehabilitatif, seperti pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik, pelayanan obat, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai serta pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama.

- Pemeriksaan, pengobatan, dan pelayanan kesehatan gigi tingkat pertama.

Menyediakan Manfaat Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP)

Manfaat Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP) yang ditanggung BPJS Kesehatan meliputi:

- Pendaftaran dan administrasi.

- Akomodasi selama menjalani rawat inap.

- Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.

- Tindakan medis non spesialistik (operatif maupun non operatif).

- Layanan kebidanan meliputi persalinan pervaginam bukan risiko tinggi; persalinan dengan komplikasi dan atau penyulit pervaginam bagi Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar (PONED), dan pertolongan neonatal dengan komplikasi.

- Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai.

- Pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pratama.

Menyediakan Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan

Beberapa manfaat pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang difasilitasi BPJS Kesehatan antara lain: 

- Administrasi pelayanan.

- Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis dasar maupun spesialistik.

- Tindakan media spesialistik (bedah maupun non bedah sesuai indikasi medis). Beberapa tindakan bedah yang ditanggung BPJS meliputi operasi jantung, caesar, miom, batu empedu, tumor, mata, kelenjar getah bening, pencabutan pen, penggantian sendi lutut, dan vaskuler.

- Rehabilitasi medis.

- Pelayanan darah.

- Pemulasaraan jenazah yang meninggal di fasilitas kesehatan.

- Pelayanan Keluarga Berencana (KB).

- Perawatan inap di ruang intensif maupun non intensif (ICU, ICCU, NICU, PICU).

Menyediakan Layanan Ambulan

Para peserta BPJS Kesehatan juga berhak mendapatkan manfaat berupa layanan ambulans untuk mendukung proses rujukan antar fasilitas kesehatan. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kestabilan kondisi kesehatan dan mendukung keselamatan pasien.

Memberikan Subsidi Klaim Kacamata

Belum banyak orang yang tahu kalau BPJS Kesehatan juga memberikan subsidi klaim kacamata dengan ketentuan subsidi berdasarkan golongan sebagai berikut:

- Kelas I: Rp 300.000

- Kelas II: Rp 200.000

- Kelas III: Rp 150.000

Ukuran lensa yang berhak mendapatkan subsidi yaitu lensa spheris minimal 0.5 dioptri dan lensa silinder minimal 0,25 dioptri. Waktu klaim hanya dapat dilakukan 2 tahun sekali sesuai indikasi medis.

Menyiapkan Berbagai Metode Pembayaran yang Praktis

Cara bayar BPJS Kesehatan kini tidak harus dilakukan di bank atau melalui loket pembayaran khusus di kantor cabang BPJ Kesehatan. Ada berbagai metode pembayaran yang praktis dan bebas kamu pilih, yaitu:

- Via minimarket (Alfamart dan Indomaret).

- ATM BRI, BNI, BTN, BCA, dan Bank Mandiri.

- Kantor Pos.

- Situs e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak.

- Loket pembayaran multi tagihan.

- Dompet digital, seperti OVO dan Gopay.

Kalau kamu sudah terbiasa melakukan transaksi cashless via OVO, kamu dapat mengandalkan dompet digital tersebut untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Risiko lupa membayar akan semakin kecil karena kamu dapat melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun via smartphone.

Top up saldo dompet digital OVO kini bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi BRImo. BRImo adalah aplikasi mobile banking persembahan BRI yang siap mendukung kemudahan transaksi kapan pun dan di mana pun kamu berada. Proses top up dompet digital OVO melalui BRImo dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Login di aplikasi BRImo.

- Pilih opsi Dompet Digital, kemudian pilih akan melalukan top up OVO.

- Selanjutnya masukin nominal, untuk top up dompet digital di BRImo.

- Masukkan Pin BRImo hingga transaksi top up OVO kamu sukses.

 

Jangan biarkan saldo OVO-mu kosong agar kamu dapat menyelesaikan berbagai transaksi secara lancar. Pastikan kalau iuran BPJS Kesehatanmu dibayar teratur setiap bulan supaya kamu berhak mendapatkan proteksi kesehatan secara maksimal.