Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit yang Bisa Anda Ikuti

6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit yang Bisa Anda Ikuti

2020-02-21 14:34:09

Kartu kredit telah menjadi alat pembayaran yang paling sering digunakan. Produk ini telah dikeluarkan oleh lembaga keuangan untuk memberi kemudahan serta kenyamanan bagi para nasabah untuk berbelanja, baik secara online maupun offline.

Berbagai promo menarik pun diberikan untuk memberi keuntungan pada Anda, mulai dari program cashback, potongan harga, tambahan poin, maupun harga spesial untuk pengguna jenis kartu kredit tertentu.

Maka dari itu, sebelum menggunakan alat pembayaran ini Anda perlu mengetahui beberapa hal agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Bagaimana cara bijak saat menggunakan kartu kredit? Yuk, cek 6 caranya berikut ini!

1. Menyesuaikan Limit Kartu Kredit dengan Pendapatan Bulanan

Cara pertama yang perlu Anda ketahui yakni menyesuaikan antara pendapatan dengan pengeluaran. Tentu saja, cara yang pertama ini menjadi penting untuk diperhatikan, agar setiap orang bisa terhindar dari berbagai masalah seperti berbelanja hingga melebihi limit yang telah ditetapkan.

Lembaga keuangan penyedia kartu kredit akan menetapkan limit sesuai dengan penghasilan Anda setiap bulannya. Jadi, pastikan Anda membuat catatan pengeluaran yang menggunakan kartu kredit agar dapat memantau limit pembayaran setiap bulannya.

2. Menjaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Cara menggunakan kartu kredit BRI lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi agar tidak tersebar kepada orang lain.

Jika Anda diberikan fasilitas kartu kredit, sebaiknya hanya anggota keluarga saja yang mengetahuinya, seperti orang tua, suami, maupun istri. Selain itu, jangan berikan kode OTP dan selalu merahasiakan cvv yang terdapat di balik kartu Anda, dan selalu gunakan PIN supaya lebih terjaga keamanannya.cara menggunakan kartu kredit BRI Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri sendiri agar terhindar dari hal-hal yang bisa merugikan dan tidak menimbulkan peluang bagi pelaku kejahatan yang tidak bertanggung jawab. 

3. Memilih Suku Bunga yang Terendah

Bank yang mengeluarkan kartu kredit memiliki kebiijakan yang berbeda-beda, namun tetap patuh pada regulator, khususnya dalam penetapan besarnya suku bunga. Inilah yang bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan Anda sebelum memilih jenis kartu kredit. Ketetapan ini penting diperhatikan apalagi jika Anda memiliki cicilan selama 6 hingga 12 bulan agar saat membayar tagihan tersebut tidak terasa berat, selain itu biasanya Bank juga memilliki promo cicilan 0% yang bisa Anda manfaatkan.

4. Hindari Penarikan Dana Tunai

Cara menggunakan kartu kredit BRI keempat yang bisa Anda ketahui adalah sebaiknya hindari penarikan dana tunai secara berkala. Sesekali, Anda boleh saja menggunakan fasilitas Cash Advance yang ditawarkan oleh Bank yang memberikan fasilitas kartu kredit untuk Anda demi keperluan mendadak serta fungsi yang bermanfaat. Tapi, perlu diketahui juga bahwa Anda menarik dana tunai dengan menggunakan kartu kredit makan akan dikenakan tarif bunga sebesar 4%, dan bunga harian sejak tanggal transaksi Anda lakukan. Cara menggunakan kartu kredit BRI

5. Mengatur Penggunaan Kartu Kredit dengan Aplikasi di Smartphone

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur penggunaan kartu kredit pada aplikasi di smartphone Anda. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni BRI Credit Card Mobile. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan dalam menggunakan kartu kredit BRI dengan smartphone.

Penggunaan kartu kredit BRI dengan aplikasi di smartphone sendiri akan memberikan beberapa kemudahan kepada Anda untuk  mengakses beberapa fitur yang dapat memudahkan Anda mendapatkan informasi penting seperti pemakaian kartu kredit,riwayat tagihan kartu, mutasi rekening,, dan informasi sisa limit kartu tanpa harus menghubungi pihak BRI terkebih dahulu. Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam bertransaksiini dengan mengunduh aplikasi BRI Credit Card Mobile  melalui google play store atau app store.

6. Melunasi Pinjaman Cicilan Kartu Kredit sesuai Jadwal yang ditentukan

Adanya aplikasi BRI Credit Card Mobile akan mempermudah Anda agar tidak terlambat membayar tagihan kartu kredit. Hal ini cukup penting untuk dilakukan karena ada bunga yang cukup besar diberikan atas keterlambatan pembayaran pada bulan bersangkutan. Pasalnya, semakin lama Anda membayar dapat membuat bunga tagihan terus bertambah.  Jadi, pastikan Anda tidak terlambat bayar tagihan setiap bulannya.

 

Nah, itulah beberapa cara menggunakan kartu kredit BRI yang perlu Anda perhatikan. Manfaatkan BRI Credit Card Mobile dengan baik agar mendapatkan pelayanan perbankan yang lebih cepat, mudah, dan praktis.  

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jenis-jenis kartu kredit dan pengajuannya, Anda bisa mengunjungi website BRI di www.kartukredit.bri.co.id atau hubungi contact BRI di 14017.