Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

6 Fakta yang Bisa Anda Ketahui Tentang Seberapa Pentingnya Menabung Sejak Dini

6 Fakta yang Bisa Anda Ketahui Tentang Seberapa Pentingnya Menabung Sejak Dini

2020-02-20 16:33:02

Menabung memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Tidak ada waktu pasti kapan Anda harus menabung. Namun, disarankan dilakukan secepat mungkin agar Anda bisa mengumpulkan uang lebih banyak sebelum sesuatu hal terjadi.

Kelihatannya kebiasaan menabung memang cukup mudah, tapi untuk sebagian orang tidak demikian. Untuk meyakinkan Anda betapa pentingnya menyimpan uang, simak dulu fakta penting menabung sejak dini di bawah ini.

Tidak Memanfaatkan Masa Muda untuk Menabung

Fakta pertama, banyak anak muda yang menganggap enteng menabung. Mereka menganggap masa muda harus digunakan untuk bersenang-senang dan untuk masa tua dipikirkan belakangan. Kemudian, saat terjadi sesuatu pada diri Anda baik di masa muda maupun masa tua, Anda tidak memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai keperluan atau kebutuhan Anda di masa yang akan datang.

Mungkin Saja Anda Melakukan Pensiun Dini dari Pekerjaan Sekarang

Aturan pensiun tiap perusahaan berbeda-beda, tergantung kebijakan dari kantor tersebut. Tapi bisa saja dalam perjalanan karier, Anda memutuskan untuk melakukan pensiun dini karena beberapa alasan, misalnya masalah kesehatan, jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan, dan alasan lainnya.

Dengan pensiun dini tentu pendapatan Anda tidak sebanyak saat masih bekerja, bukan? Bila Anda tidak mempersiapkan dana tabungan dan pensiun dari sekarang, bisa-bisa Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga sehari-hari.

Tidak Mencari Tahu Uang yang Diperlukan Ketika Masa Pensiun Tiba

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pentingnya menabung sangat berguna untuk masa pensiun Anda. Jadi sebaiknya mulai dari sekarang Anda mencari tahu berapa jumlah uang yang diperlukan ketika saatnya memasuki masa pensiun. Memang besarnya nominal uang pensiun berbeda-beda untuk setiap orang, tapi Anda bisa mencari tahu apa saja kebutuhan-kebutuhan yang sekiranya diperlukan saat memasuki masa pensiun.

Tidak Mempersiapkan Dana untuk Kondisi Darurat

Pentingnya menabung sangat berguna disaat kondisi darurat. Tidak bisa dipungkiri dalam hidup ini terkadang ada masa-masa sulit yang harus dihadapi dan terkadang memerlukan biaya yang besar. Misalnya saja jika ada Anda atau anggota keluarga sedang mengalami sakit, atau saat kendaraan pribadi rusak dan biaya perbaikannya menghabiskan jumlah yang tidak sedikit. Dengan adanya tabungan, Anda jadi tidak perlu memiliki beban yang berlebih untuk menyelesaikannya.

Tidak Mempersiapkan Dana untuk Masa Depan

Jangan berpikir, saat usia masih 20 tahunan, Anda belum seharusnya menabung. Saat baru memulai pekerjaan pun Anda disarankan untuk mulai menabung, meski jumlahnya hanya sedikit, tapi bila dilakukan dengan konsisten, pasti jumlahnya akan semakin bertambah. Sebaiknya buatlah beberapa rekening bank untuk memisahkan tabungan untuk dana darurat, untuk kebutuhan sehari-hari, maupun untuk tabungan jangka panjang.

Ketika Ingin Liburan Anda Memilih Berhutang

Fakta yang terakhir, semua orang pasti ingin bisa mengunjungi destinasi tempat wisata yang menjadi impiannya. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya. Banyak saran dari para traveler profesional yang mengatakan janganlah berhutang jika ingin traveling.

Sayangnya demi mewujudkan mimpi untuk traveling, banyak orang yang lebih memilih berhutang baik pada kerabat, teman, bahkan bank. Saat selesai traveling, uang Anda habis dan gaji yang Anda peroleh malah dipakai untuk membayar hutang tersebut, dan Anda jadi kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menabung Saja di Simpedes BRI

Tabungan Simpedes dari BRI merupakan simpanan masyarakat berbentuk tabungan dengan sistem penyetoran dan pengambilan tidak ada batasan baik frekuensi maupun jumlahnya asalkan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Keuntungan dari Simpedes BRI, yakni kemudahan membuka tabungan yang bisa dilakukan di seluruh unit kerja BRI, bisa digunakan untuk pencadangan keperluan mendadak seperti kebutuhan keluarga atau transfer keperluan anak, sekolah, orang tua, dan lain sebagainya serta setoran awal yang ringan, yakni sebesar Rp100.000.

Jika Anda ingin melihat lebih lengkap terkait informasi Simpedes BRI, silakan kunjungi https://bri.co.id/simpedes.