Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Tabungan Investasi Syariah

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Tabungan Investasi Syariah

2019-05-31 16:01:51

Persiapan untuk hari depan harus dilakukan sejak dini. Untuk melakukannya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya menabung di bank atau melakukan investasi.

Namun, banyaknya jenis tabungan investasi yang disediakan bank dan lembaga keuangan boleh jadi membuat sebagian orang sulit menentukan pilihan. Terutama umat Muslim yang ingin menerapkan konsep menabung dan investasi yang sesuai dengan prinsip agama.

Tidak perlu kuatir, karena Anda dapat memilih tabungan investasi syariah. Jenis tabungan investasi ini menerapkan prinsip Islami yang akan memberi rasa aman dan nyaman bagi umat Muslim di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tabungan investasi syariah, cek informasi berikut ini.

Bukan Investasi Konvensional

Perbadaan utama dari investasi syariah dengan investasi konvensional terletak pada metode pembagian keuntungan atau bagi hasil.

Umumnya, bunga pada investasi konvensional diatur secara sepihak, yaitu oleh pihak perusahaan. Sedangkan investasi dengan konsep syariah menerapkan metode bagi hasil atau nisbah. Dengan begitu, nasabah dan pihak perusahaan sama-sama saling mengerti akan risiko yang ditanggung.

Menerapkan Prinsip Islami

Sebuah instrumen investasi berlabel syariah biasanya tidak melibatkan unsur perhitungan bunga (riba), melainkan sistem bagi hasil dari keuntungan yang dihasilkan dari pengelolaan uang nasabah. Selain itu, sistemnya sangat terbuka, sehingga Anda dapat melihat atau memantau pengelolaan dananya.

Yang lebih penting lagi, bisnis yang dijalankan untuk mengelola dana investasi tidak melibatkan unsur-unsur yang dilarang ajaran agama Islam (haram). Misalnya, tidak melibatkan kegiatan peningkatan keuntungan yang didasari manipulasi jumlah suplai untuk mendorong harga jual lebih tinggi (ikhtikar), tidak melibatkan unsur penipuan (gharah), tidak melibatkan kegiatan yang bersifat menganiaya hak orang lain (zhulm), tidak melibatkan kegiatan yang merugikan orang lain (mudharat), dan lain sebagainya.

Didukung oleh Negara

Anda yang tertarik untuk memiliki tabungan investasi syariah dapat memilih jenis tabungan investasi yang dijamin oleh negara. Jenisnya disebut Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau juga Sukuk Negara.

Sukuk Negara adalah surat berharga negara yang diterbitkan dengan berdasarkan prinsip syariah. Lebih lanjut, Sukuk Negara adalah bukti atas bagian penyertaan terhadap Asset SBSN, baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing.

Sukuk Negara Ritel

SBSN yang diterbitkan khusus untuk investor individu Warga Negara Indonesia (WNI) di Pasar Perdana disebut dengan Sukuk Negara Ritel. Penerbitannya sesuai dengan prinsip syariah dan telah mendapatkan fatwa serta opini syariah dari Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia.

Bank BRI juga menyediakan Sukuk Negara Ritel yang bisa Anda dapatkan bila sudah memiliki rekening Britama, Simpedes, atau Girobri atas nama calon investor. Sukuk Negar Ritel ini juga bisa dimanfaatkan oleh nasabah BRI Prioritas. Syarat lainnya yang harus Anda penuhi adalah mendatangi KC, KCP, atau SLP BRI terdekat lalu mengisi formulir pemesanan dengan menyertakan kartu KTP. Setelah itu Anda dapat melakukan pemesanan minimum Rp. 1 juta dan kelipatannya, dengan jumlah maksimal Rp. 3 miliar.

Sukuk Negara Tabungan

Jenis SBSN Tabungan lainnya yang disediakan oleh Bank BRI dan bisa dimanfaatkan oleh nasabah BRI Prioritas adalah Sukuk Tabungan. Ini merupakan tabungan investasi orang perseorangan Warga Negara Indonesia yang ditawarkan dalam mata uang rupiah melalui agen penjual. Sukuk Tabungan diterbitkan tanpa warkat serta tidak dapat diperdagangkan atau dialihkan. Penerbitannya juga sesuai dengan prinsip syariah dan telah mendapatkan fatwa serta opini syariah dari Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia, cocok untuk nasabah BRI Prioritas yang ingin berinvestasi sesuai prinsip agama Islam.

Untuk mendapatkannya, Anda hanya harus memiliki rekening Britama, Simpedes, atau Girobri atas nama calon investor dan melakukan pemesanan secara online melalui website https://sbn/bri.co.id dengan menyertakan KTP. Setelah itu, Anda dapat melakukan pemesanan minimum Rp. 1 juta dan kelipatannya, dengan jumlah maksimal Rp. 3 miliar.