Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

5 Cara Mengelola Uang Pinjaman Bank untuk Modal Usaha

5 Cara Mengelola Uang Pinjaman Bank untuk Modal Usaha

2020-04-14 14:58:52

Modal adalah hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis. Sebelum memulai usahanya, pengusaha wajib melakukan perhitungan dengan matang. Apalagi jika modal tersebut didapat dari pinjaman bank. Untuk itu, bagaimana cara mengelola uang pinjaman bank secara efektif? Mari simak tips-tips berikut ini!

 

Investasikan Hasil Keuntungan

Investasi adalah salah satu cara mengelola uang pinjaman bank yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha, agar dana pinjaman lebih produktif lagi. Ketika waktu angsuran berakhir, hutang Anda akan lunas dan Anda akan tetap mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut.

 

Buat Catatan Keuangan

Cara ini akan memudahkan Anda untuk melihat seberapa besar kemajuan perusahaan atau jumlah hutang yang masih harus dibayar. Hal ini juga akan bermanfaat ketika perusahaan mengalami penurunan, karena dengan laporan keuangan ini Anda dapat mengetahuinya secara cepat dan mengambil keputusan yang tepat sebelum terlambat.

 

Perhatikan Rasio Keuangan

Cara mengelola uang pinjaman bank yang berikutnya adalah dengan memperhatikan rasio keuangan. Ketika mengajukan pinjaman untuk modal usaha, biasanya baru akan dipenuhi jika calon debitur memiliki rasio hutang terhadap pendapatan yang cukup baik. Jika Anda secara konsisten menjaga rasio hutang dan membayar angsuran secara teratur, maka skor kredit Anda akan baik dan bebas dari blacklist/daftar hitam Bank Indonesia.

 

Buat Perencanaan yang Matang

Sebelum memutuskan bank pilihan untuk meminjam modal usaha, sebaiknya tentukan dahulu rencana kemajuan usaha yang akan Anda buat. Misalnya, penambahan alat produksi, promosi atau perluasan wilayah di kemudian hari.

 

Untuk itu, salah satu cara mengelola uang pinjaman bank adalah dengan memilih pinjaman yang tepat dan sesuai kebutuhan. Salah satu pinjaman yang dapat dipilih adalah BRIGuna dari Bank BRI. BRIGuna  menawarkan pinjaman dana tunai, yaitu:

  • BRIGuna Karya, sebuah jenis pinjaman yang ditujukan bagi para pegawai yang memiliki penghasilan tetap (fixed income)
  • BRIGuna Umum, jenis pinjaman yang diberikan kepada pensiunan
  • BRIGuna Purna, jenis pinjaman yang ditujukan bagi Anda yang penghasilannya melalui payroll BRI

 

Untuk informasi syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan pengajuan BRIGuna, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat atau menghubungi Contact BRI 14017/ 1500017.