Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

12 Jenis Olahraga Seru di Rumah yang Tidak Butuh Biaya

12 Jenis Olahraga Seru di Rumah yang Tidak Butuh Biaya

2021-06-02 16:22:52

Menjalani gaya hidup sehat memang penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Gaya hidup sehat bukan hanya soal mengonsumsi makanan dengan porsi seimbang lho. Kamu juga harus rutin berolahraga agar tubuh tetap aktif dan terhindar dari berbagai risiko penyakit serius.

Pandemi bukanlah halangan untuk berolahraga secara teratur. Kamu masih bisa rutin berolahraga di rumah agar terhindar dari risiko penularan penyakit. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah tanpa membutuhkan biaya apapun. Kalau ingin sehat dan bugar tanpa menguras isi kantong, yuk simak ulasan tentang beberapa olahraga simpel berikut ini!

Melompat

Jenis olahraga yang satu ini cocok untuk kamu yang suka bergerak aktif. Gerakan melompat tak hanya ampuh membakar lemak, tetapi juga membuat otot-otot tubuh semakin kuat dan menjaga kesehatan jantung. Beberapa variasi gerakan melompat yang dapat kamu coba antara lain:

  1. One foot hops: mengangkat satu lutut lalu lompat dalam keadaan berdiri untuk melatih keseimbangan.
  2. Jumping jacks: membuka lengan dan kedua kaki seperti bentuk bintang laut kemudian melompat. Saat mendarat, posisi lengan dan kedua kaki harus kembali dalam posisi berdiri tegak.
  3. Tuck jumps: menekuk lutut lalu mengangkat tumit setinggi mungkin ketika melompat.
  4. Hurdle hops: melompat dari sisi kiri ke kanan atau depan ke belakang seakan sedang melewati rintangan.

Naik Turun Tangga

Tangga rumah ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk berolahraga. Cobalah untuk naik turun tangga beberapa kali dalam sehari. Gerakan naik turun tangga dapat memperkuat otot dan tulang kaki serta menjaga kesehatan sendi lutut. Bila kamu belum terbiasa, cobalah melakukannya secara perlahan-lahan dengan durasi singkat. Setelah melakukannya secara teratur selama beberapa hari, kamu bisa meningkatkan kecepatan dan durasi naik turun tangga agar proses pembakaran kalori berlangsung maksimal.

Lompat Tali dengan Skipping

Jangan biarkan skipping-mu menganggur begitu saja di rumah. Kamu wajib menggunakannya untuk berolahraga secara teratur. Olahraga lompat tali baik untuk menjaga kesehatan jantung, memperkuat otot kaki, dan memaksimalkan proses pembakaran lemak. Kamu bisa memvariasikan gerakan lompat supaya tidak mudah bosan. Lakukan aktivitas olahraga yang satu ini di tempat yang luas agar kamu lebih leluasa, ya.

Push Up

Membahas tentang olahraga yang bisa dilakukan di rumah tentu belum lengkap tanpa menyebut push up. Olahraga tanpa alat tersebut memang praktis dan bisa dilakukan di mana saja. Push up secara teratur akan memperkuat otot lengan dan bahu. Jadi, jangan malas melakukannya supaya tubuhmu tetap sehat dan selalu ideal.

Squat

Selain push up, squat juga menjadi salah satu gerakan olahraga di rumah yang mudah untuk dilakukan. Caranya, bukalah kaki selebar bahu lalu turunkan tubuh secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali secara cepat. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan gerakan squat jump yang bermanfaat menguatkan otot-otot kaki dan perut.

Bermain Hulahoop

Hulahoop bukan hanya sarana permainan untuk anak-anak. Kamu justru bisa memanfaatkan hulahoop untuk berolahraga di rumah. Bermain hulahoop secara rutin akan membuat perut ramping dan bentuk pinggul semakin indah. Semakin lama kamu bermain hulahoop, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar di tubuhmu.Tak mengherankan deh bila orang yang rajin bermain hulahoop biasanya memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

Angkat Beban

Olahraga angkat beban sangat cocok untuk orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas karena tidak membebani kinerja jantung. Kamu bisa memulainya dari beban ringan seberat 1 atau 2 kg. Ukuran beban harus ditingkatkan bila kamu mulai terbiasa dengan olahraga ini. Kalau kamu tidak punya dumble atau barble, kamu bisa memanfaatkan benda-benda lain di sekitarmu seperti botol atau ember berisi air. Lakukan olahraga sederhana ini secara teratur supaya tubuh jadi lebih bugar dan berenergi.

Menari

Ada kabar baik bagi kamu yang hobi menari nih. Menari nyatanya juga merupakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tak hanya membuat tubuhmu makin seksi karena aktif bergerak, menari dapat melatih koordinasi gerakan tubuh dan membantu membangkitkan mood. Beberapa jenis tarian yang menarik untuk dicoba di rumah antara lain:

  1. Line dance: gerakan tari sederhana mengikuti pola tertentu sehingga cocok untuk semua kalangan usia.
  2. Zumba: tarian ala Kolombia dengan gerakan yang lincah mengikuti musik berirama cepat.
  3. Salsa: gerakan tari ini juga sangat enerjik dan cocok dilakukan bersama pasangan.
  4. Belly dance: tarian asal Timur Tengah yang efektif memperkuat otot sekaligus membakar lemak di sekitar perut.
  5. Bollywood dance: sesuai dengan namanya, tarian bollywood identik dengan gerakan ala India yang terlihat indah dan temponya cepat.

Yoga

Salah satu olahraga yang populer karena kaya manfaat dan bisa dilakukan di rumah adalah yoga. Gerakan-gerakan yoga membantu meningkatkan konsentrasi sekaligus menyehatkan jantung. Di samping itu, yoga secara teratur juga efektif melatih pernapasan sehingga kamu akan menjadi lebih rileks. Kamu harus memulai rutinitas yoga dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana. Ketika tubuhmu sudah beradaptasi, kamu bisa mencoba gerakan lain yang lebih sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi.

Taichi

Jika kamu tidak terlalu menyukai olahraga dengan gerakan aktif dan cepat, taichi bisa menjadi alternatif yang tepat. Tak hanya cocok untuk para lansia, olahraga ini sebenarnya bisa dilakukan oleh semua kalangan usia. Olahraga taichi dapat memperlancar sistem pernapasan dan meningkatkan fokus. Kamu bisa melakukannya di pagi hari saat kondisi udara masih segar dan bersih.

Plank

Kalau kamu bosan melakukan push up, kamu bisa mencoba olahraga serupa lainnya yaitu plank. Caranya, siapkan matra lalu posisikan tubuh seperti akan melakukan push up. Kemudian, tekuklah lengan membentuk sudut 90 derajat hingga siku menyentuh matras. Pertahankan posisi tubuh tersebut selama kurang lebih 2 menit lalu ulangi sebanyak 10 kali atau lebih. Gerakan plank sangat baik untuk memperkuat otot-otot punggung dan menurunkan berat badan bila dilakukan secara teratur.

Aerobik

Satu lagi olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah aerobik. Gerakan aerobik cukup mudah dan menyenangkan karena mengikuti irama musik. Bila kamu melakukan olahraga ini, tubuh akan semakin bugar karena aktif bergerak. Sendi-sendi tubuh pun menjadi lentur sehingga kamu akan terhindar dari risiko penuaan dini.

Mencari inspirasi olahraga #DiRumahAja semakin mudah karena kamu bisa menyaksikan tayangan di TV atau Youtube. Tak perlu khawatir soal urusan pulsa listrik yang habis ketika kamu akan berolahraga. Proses membeli pulsa listrik dapat dilakukan secara praktis melalui aplikasi BRImo. Caranya, login dulu di aplikasi BRImo lalu pilih opsi Fitur Listrik. Kemudian, pilih menu Tagihan PLN dan sumber dana (bila rekening BRI-mu lebih dari satu). Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran dan perhatikan informasi yang muncul di layar smartphone. BRImo akan menampilkan pilihan nominal token mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah. Kalau sudah memilih nominal token listrik yang kami inginkan, klik Lanjut dan lalu klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan password dan pilih lanjut. Jika transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit kode token yang bisa segera dimasukkan ke meteran listrik.

Kesimpulannya, kamu tak perlu pergi ke luar rumah bila ingin membeli token listrik. Aktivitas #DiRumahAja jadi semakin lancar dan menyenangkan dengan dukungan fitur-fitur bermanfaat di aplikasi BRImo.