Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

10 Cara Efektif Mengatasi HP Lemot dan Cepat Panas

10 Cara Efektif Mengatasi HP Lemot dan Cepat Panas

2021-06-21 10:59:48

HP telah menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mendukung berbagai rutinitas harian. Kini, HP bukan sekadar sarana komunikasi dan hiburan melainkan perangkat canggih yang mendukung penyelesaian pekerjaan dan tugas sehari-hari. Itulah sebabnya kondisi HP harus selalu dalam keadaan prima agar segala aktivitas mobile bisa diselesaikan secara lancar.

Jangan biarkan HP lemot dan panas mengganggu kegiatanmu, ya. Kamu harus tahu cara mengatasi HP panas agar performa HP senantiasa prima dan siap mendukung kegiatanmu. Ulasan tentang 10 cara mengatasi HP lemot dan panas berikut ini akan membantumu mengatasi masalah tersebut sampai tuntas:

Mematikan HP saat Sinyal Lemah

HP canggih atau smartphone memiliki kemampuan mencari sinyal secara otomatis agar konektivitas jaringannya selalu berada pada kondisi baik. Sayangnya, hal ini sering membuat baterai HP jadi cepat habis dan HP jadi panas. Ketika HP sedang tidak digunakan dan kondisi sinyal dalam keadaan lemah, sebaiknya kamu menonaktifkan paket data agar HP berhenti mencari sinyal. Tips praktis ini akan membuat baterai HP cepat awet dan HP pun tidak cepat panas. Kamu bisa mempraktikkannya ketika sedang beraktivitas di luar rumah atau sedang tidak dapat mengakses listrik untuk proses charging.

Membatasi Aktivitas Bermain Game

Bermain game di HP yang canggih rasanya memang menyenangkan. Apalagi kalau kualitas grafis dan suaranya sangat baik dan terasa seperti nyata. Namun, ingatlah bahwa aktivitas bermain game menjadi faktor pencetus yang membuat HP cepat panas. Terutama kalau kamu sangat suka memainkan game dengan spesifikasi yang berat. Salah satu cara mengatasi HP lemot dan cepat panas adalah membatasi aktivitas bermain game. Usahakan untuk tidak bermain game di luar rumah karena hal tersebut rentan membuat HP panas dan lowbat. Kondisi HP lowbat ketika berada di luar rumah tentu bisa menghambat aktivitasmu.

Menggunakan Baterai HP Asli

Banyak orang meyakini bahwa kapasitas baterai merek lain yang dua kali lebih besar dari baterai asli adalah solusi untuk mengatasi HP yang cepat panas dan lemot. Padahal kenyataannya baterai asli tentu jauh lebih berkualitas daripada baterai lainnya. Baterai asli sudah didesain sesuai dengan kebutuhan daya pada smartphone yang kita gunakan. Jika baterai HP-mu sudah melemah setelah digunakan bertahun-tahun, alangkah lebih baik bila kamu menggantinya dengan baterai asli supaya performa HP kembali maksimal. Menggunakan sembarang baterai malah rentan membuat HP panas dan mengganggu kinerja HP secara keseluruhan.

Menghapus Aplikasi Tak Terpakai

Cara mengatasi HP lemot juga berkaitan erat dengan jumlah aplikasi di HP tersebut. Aplikasi tak terpakai di HP adalah salah satu penyebab utama HP jadi lemot, cepat panas, dan sulit dioperasikan. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, usahakan untuk selalu menghapus aplikasi tak terpakai dari HP. Sehingga sisa memori internal pada HP jadi lebih besar dan pengoperasian aplikasi-aplikasi penting pun jadi lebih leluasa.

Jangan Membiarkan Ruang Chat Menumpuk

Hal yang satu ini memang sederhana tetapi ternyata cukup berpengaruh pada sistem operasional HP. Membiarkan ruang chat, SMS, dan panggilan menumpuk akan membuat kapasitas memori HP tersita. Kondisi tersebut bahkan semakin parah bila kamu bergabung dalam banyak group chat di aplikasi chating. Akibatnya, HP jadi cepat lemot dan panas ketika digunakan dalam waktu lama. Solusinya, kamu mesti menghapus chat, SMS, dan panggilan yang dirasa tidak penting. Cara mengatasi HP panas dan lemot ini harus dilakukan secara teratur supaya performa HP selalu lancar.

Membersihkan Cache Secara Rutin

Cache adalah sisa data yang disimpan ketika sudah selesai menjalankan aplikasi, browsing atau melakukan aktivitas mobile lainnya. Cache yang menumpuk di HP lama-kelamaan akan membuat HP menjadi lemot, mudah panas, dan sulit dioperasikan. Selain dibersihkan secara manual, ada pula beragam aplikasi Android gratis yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache secara otomatis. Proses pembersihan cache sebaiknya dilakukan minimal 1 hari sekali supaya kapasitas HP tidak tersita secara berlebihan. Kamu wajib menjadikan proses membersihkan cache sebagai salah satu rutinitas ketika menggunakan HP.

Menonaktifkan Widget

Penggunaan widget, tema atau wallpaper memang bisa membuat tampilan HP jadi lebih keren. Namun sayangnya, penggunaan widget tersebut ternyata bisa membuat HP jadi lemot. Hal ini bisa terjadi karena widget, tema, dan wallpaper menyita banyak memori HP. Selain itu, baterai pun akan lebih cepat habis jika menggunakan widget yang berat atau wallpaper animasi. Kalau tak ingin HP jadi lemot dan cepat panas, sebaiknya kamu menonaktifkan widget dan menggunakan tampilan standar.

Menggunakan Charger Orisinal

Selain baterai HP asli, charger orisinal juga penting untuk menjaga performa HP. Penggunaan charger palsu membuat HP rentan panas dan rusak. Itulah sebabnya kamu patut menggunakan charger orisinal setiap kali melakukan proses charging. Hindari penggunaan charger palsu atau power bank yang berisiko membuat HP rusak karena proses charging tidak berlangsung dengan baik.

Memilih Casing HP dengan Cermat

Pemakaian casing HP biasanya bertujuan melindungi body HP dari goresan atau benturan. Tujuan tersebut memang baik. Sayangnya, ada material casing HP yang membuat panas terperangkap sehingga HP mengalami overheat dan lemot. Mulai sekarang, kamu harus lebih cermat memilih casing HP. Gunakan casing dengan material yang tepat supaya tidak membuat HP cepat panas dan lemot. 

Melakukan Factory Reset

Kalau kamu sudah mencoba semua cara mengatasi HP panas dan lemot tetapi tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah factory reset. Proses factory reset akan menghapus semua aplikasi dan file yang ada di HP, kecuali aplikasi bawaan pabrik. Sebelum melakukannya, kamu harus mengamankan file penting agar tidak hilang. Jangan lupa mengunggah file penting ke cloud atau memindahkannya ke laptop serta memori eksternal. Usai melakukan factory reset, HP akan kembali ke kondisi awal sehingga tidak mudah lemot dan panas. Sebaiknya kamu tidak meng-install banyak aplikasi setelah melakukan factory reset supaya kondisi HP tetap prima seperti baru.

 

Bila kamu sudah mengetahui cara mengatasi HP lemot dan panas, niscaya performa HP akan selalu lancar dan aktivitas digitalmu tidak terganggu. Soal urusan membeli pulsa, kini kamu tidak perlu repot keluar rumah. Kamu bisa beli pulsa online melalui aplikasi BRImo secara mudah. Aplikasi BRImo rupanya tak cuma bermanfaat untuk mengecek saldo dan melakukan transfer saja. Dengan BRImo bisa digunakan untuk membayar tagihan dan membeli pulsa. Caranya, login dulu ke BRImo lalu pilih menu pulsa / data. Selanjutnya, masukkan nomor HP yang akan diisi pulsa kemudian klik Lanjut. Jika nomor HP yang tertera di layar smartphone sudah benar, pilih nominal, pilih sumber dana (apabila lebih dari satu), masukkan pin. Maka nomor HP-mu akan segera terisi pulsa dan kamu pun dapat membeli paket kuota data internet sesuai kebutuhan.

HP canggih harus dimanfaatkan semaksimal mungkin tanpa membuat fungsinya terganggu karena penggunaan berlebihan. Sudahkah kamu merawat HP kesayangan dengan cara yang tepat?