Back to top

BERITA DETAIL BANK BRI

BRI Hong Kong Representative Office Gelar Pelatihan Usaha Mikro

2015-12-04 17:04:06

Hong Kong - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mendukung perkembangan usaha mikro bagi masyarakat Indonesia dengan peresmian pelatihan bertajuk “Pelatihan Teras Usaha Mikro 2015” pada Minggu (22/11) waktu Hong Kong. Melalui unit kerja BRI Hong Kong Representative Office (BRI HKRO), Bank BRI memberikan pelatihan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong untuk mempersiapkan usaha yang dapat diimplementasikan setelah kembali ke Indonesia. “Bank BRI berupaya memberikan perhatian lebih bagi pelaku usaha mikro, termasuk warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri. Peran Bank BRI sebagai bank komersial tidak hanya berbisnis semata, tetapi memberikan perhatian sosial kemasyarakatan, utamanya pemberdayaan ekonomi dari para TKI,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga.

Program pelatihan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya di Hong Kong. Pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan dengan pertemuan setiap minggunya. Materi yang akan  dibahas seputar pola pikir pengusaha (mindset setting), kepemimpinan (leadership), pengelolaan SDM, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan inventory.

 Peresmian pelatihan kali ini dirangkai dengan pemberian materi Pengkajian Bisnis Populer dengan materi seputar Bisnis Busana Muslim, dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman di industri fashion. Bisnis Busana Muslim yang dibahas dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu jenis bisnis yang diminati oleh PMI Hong Kong di mana mereka telah sering mengikuti perlombaan rias, pembuatan kostum, fashion show dan kegiatan sejenis lainnya yang diselenggarakan oleh komunitas, lembaga, maupun instansi di Hong Kong.

Program pelatihan diberikan secara gratis dan dikemas secara efektif. Jumlah Peserta yang hanya berkisar 15 hingga 30 orang  dimaksudkan agar trainer dapat fokus dalam membina dan mendampingi PMI yang memiliki minat usaha yang berbeda serta latar belakang pendidikan yang beragam mulai dari SD hingga SMA.

BRI Hong Kong Representative Office merupakan kepanjangan tangan kantor pusat Bank BRI yang berada di pusat keuangan Asia. Unit kerja tersebut bertugas mengumpulkan informasi mengenai investasi dan peluang bisnis untuk mengembangkan bilateral trade, mempromosikan produk serta kegiatan ekspor-impor Indonesia. BRI Hong Kong juga bertugas untuk membangun customer based pada bisnis remittance sekaligus melakukan supervisi kegiatan bisnis anak perusahaan BRI di Hong Kong yaitu BRI Remittance Company (BRC).

Peresmian program pelatihan tersebut diikuti acara pengundian Dobel Untung BritAma berhadiah sebuah mobil CRV dan 3 handphone bagi nasabah setia BRC, sekaligus peluncuran aplikasi BRI Remittance milik BRC. “Dengan adanya aplikasi BRI Remittance, nasabah bisa lebih mudah dalam mengakses layanan BRC. Dalam hal pembukaan rekening, nasabah dapat mengisi data dengan mengakses fitur registrasi dalam aplikasi BRI Remittance. Nasabah datang ke counter hanya untuk melakukan verifikasi, menandatangani dokumen dan membayar setoran awal setelah dokumen dicetak oleh petugas,” pungkas Hari Siaga.