Back to top

BRI REWARD POINT


 

KETENTUAN UMUM PROGRAM BRI POINT REWARD

1. Produk simpanan yang diikutkan adalah Tabungan dan/atau Giro atas nama perorangan dalam valuta rupiah. Jenis Tabungan dan Giro ditentukan   oleh Bank.

2. Produk Tabungan yang diikutkan adalah Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI BritAma Bisnis Tabungan BRI Junio dan Giro BRI.

3. BRI Point nasabah akan diakumulasi per masing-masing rekening.

4. Dalam hal terdapat perbedaan data antara data BRI Point yang dicatat Nasabah dengan Bank BRI, maka yang akan dijadikan acuan adalah data BRI Point yang tercatat pada Bank BRI.

5. Penambahan BRI Point dari Saldo dan transaksi E-Banking akan dilakukan setiap bulan dan ditambahkan paling lambat 5 hari kerja pada bulan berikutnya.

6. BRI Point yang dimiliki dapat ditukarkan dengan hadiah langsung melalui mekanisme penukaran / redeem point yang ditentukan Bank BRI.

7. Ragam hadiah langsung dan nilai BRI point dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan Bank BRI.

8. BRI Point yang terbentuk harus berasal dari transaksi yang benar dan atau wajar.

9. Jika BRI Point berasal dari sumber poin yang terindikasi transaksi tidak benar dan atau tidak wajar, maka Bank BRI berhak untuk membatalkan/menggugurkan BRI Point yang sudah terbentuk, dan BRI Point yang telah dibatalkan/digugurkan.

10. BRI Point yang terindikasi diperoleh dari transaksi tidak benar dan atau tidak wajar, maka akan dilakukan ketentuan sebagai berikut:

    1. Bank BRI akan menerbitkan pemberitahuan tertulis kepada Nasabah dalam bentuk email, surat, atau media lainnya yang disampaikan Bank BRI.
    2. BRI Point Nasabah akan di-freeze dengan membuat jumlah BRI Point Nasabah menjadi 0 (nol) selama proses penyelidikan.
    3. Apabila dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja Nasabah tidak dapat memberikan sanggahan yang didukung bukti-bukti otentik, maka BRI Point Nasabah akan dihanguskan. Dalam hal ini, 5 (lima) hari kerja adalah sejak terbitnya pemberitahuan tertulis dari Bank BRI kepada Nasabah dalam bentuk email atau surat atau media lainnya yang disampaikan Bank.

11. Bank BRI dapat melakukan perubahan syarat & ketentuan sewaktu-waktu dalam bentuk dan cara yang ditetapkan oleh Bank BRI.

12. Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh Bank BRI tidak dapat diganggu gugat.

 

FAQ PROGRAM BRI POINT REWARD

1. Apa yang dimaksud dengan Program BRI Point Reward?

Program BRI Reward Point merupakan Customer Retention and Loyalty Program dengan memberikan point kepada nasabah yang dapat ditukarkan menjadi hadiah langsung melalui channel redeem yang disediakan. Point diberikan atas upaya nasabah dalam mempertahankan dan meningkatkan Saldo Tabungan BRI BritAma dan Giro BRI serta meningkatkan transaksi E-Banking BRI.

2. Siapa saja nasabah yang dapat mengikuti program BRI Point Reward?

Seluruh Nasabah BRI se-Indonesia dengan jenis perorangan, baik pegawai BRi maupun nasabah Umum, selama memiliki rekening Tabungan BritAma dan/atau Giro BRI dalam mata uang rupiah dengan

3. Produk apa saja yang dapat mengikuti Program BRI Point Reward?

Seluruh Nasabah Tabungan BritAma (BritAma, BritAma Bisnis, Junio) dan Giro dengan jenis rekening perorangan dan dalam mata uang rupiah. Rekening instalment seperti Junio Rencana dan BritAma Rencana tidak diikutkan dalam program ini.

4. Bagaimana cara mendapatkan Point dalam program ini?

Point yang terbentuk berasal dari Perhitungan Point Saldo dan Perhitungan  Point Transaksi. Komponen utama pembentuk point antara lain Ratas Saldo BritAma, Ratas Saldo Giro dan Transaksi E-Banking BRI. Point dihitung setiap bulan per rekening dan diakumulasi setiap bulannya. Detail perhitungan point adalah sebagai berikut:

Keterangan : Ratas Saldo = ratas saldo harian dalam satu bulan

Perhitungan Point Saldo

“Memiliki saldo akhir bulan ≥ Rp 5 juta untuk BritAma) / ≥  Rp 50 juta untuk Giro”

 Keterangan  Parameter  BritAma Giro
  Perhitungan Point
Ratas Saldo bulan berjalan  Kelipatan Rp 5 juta dapat 1 point Kelipatan Rp 50 juta dapat 10 point
Peningkatan Ratas saldo dibanding bulan sebelumnya Kelipatan Rp 2,5 juta dapat 5 point  Kelipatan Rp 25 juta dapat 50 point

 

Perhitungan Point Transaksi

 No  Fitur ATM MB IB  EDC  Mini ATM
 1 Transaksi Transfer (sesama BRI*) 1 2 2 - 1
 2 Pembelian **)  1 2 3 - 1
 3 Pembayaran  2  3  3  -  2
 4 Registrasi Finansial IB & MB  -  -  -  -  5
 5 Belanja dengan kartu Debit ***)  -  -  -  1  -

Keterangan : MB : Mobile Banking BRI ; IB : Internet Banking BRI

*)   Transfer antar bank tidak mendapatkan poin

**)   Pembelian Brizzi, Zakat, Infaq, Gojek, DPLK minimal senilai Rp 50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah)

***)  Minimal Rp 250,000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), tidak berlaku kelipatan

 

5. Kapan Saldo dan Transaksi E-Banking nasabah mulai dihitung untuk pembentukan Point?

Perhitungan pembentukan Point dimulai tanggal 1 Maret 2017. Point nasabah akan kadaluarsa pada tanggal 31 Januari 2018. Namun demikian update point akan dilakukan setiap bulan dengan maksimal 5 hari kerja pada awal bulan berikut nya.

Contoh : transaksi E-Banking dan rata-rata saldo nasabah selama Bulan maret 2017 akan di-update pada maksimal tanggal 7 April 2017.

 

6. Simulasi Pembentukan Point

Simulasi Point Saldo

Nasabah bernama Rama memiliki Tabungan BRI BritAma Bisnis dengan sado dan transaksi sebagai berikut :

Bulan Feb Mar Apr Mei Jun
Posisi saldo akhir bulan 10 12 10 4 15
Ratas saldo harian dalam bulan berjalan 11 17 8 10 21
Memenuhi Passing Grade   Ya Ya Tidak Ya
Peningkatan ratas saldo dibanding bulan sebelumnya   6 -9 2 11
           
Poin dari Ratas Saldo Harian Bulan Berjalan   3 1 0 4
Poin dari Peningkatan Ratas Saldo   10 0 0 20
Akumulasi Point   13 14 14 38

(dalam jutaan)

Dengan simulasi diatas, poin yang terkumpul sampai dengan perhitungan Bulan Juni 2017 adalah 38 Point

Penjelasan :

  1. Pada bulan April, Nasabah tidak mendapatkan point dari peningkatan ratas saldo karena ratas saldo turun dibanding bulan sebelumnya. Namun nasabah tetap mendapatkan point atas ratas saldo dalam bulan berjalan.
  2. Pada bulan Mei tidak dihitung point karena tidak memenuhi syarat passing grade posisi saldo akhir bulan.

Simulasi Point Transaksi E-Banking

Nasabah bernama Rama melakukan transaksi E-Banking BRI di bulan Maret sebagai berikut :

Tanggal Kegiatan Nilai Jenis Channel Point
5 Maret 2017 Transfer ke rekening BRI a.n istri melalui Internet Banking Rp 2 juta Transfer Internet Banking 2
10 Maret 2017 Transfer ke rekening bank lain Rp 100 ribu Bukan Point

0
10 Maret 2017 Transfer ke rekening BRI a.n Didit melalui ATM Rp 250 ribu Transfer ATM 1
12 Maret 2017 Beli Pulsa Simpati melalui Mobile Banking Rp 100 ribu Pembelian Mobile Banking 2
15 Maret 2017 Belanja baju di toko menggunakan kartu debit BRI di EDC BRI Rp 700 ribu Belanja (Purchase) Purchase EDC BRI 1
22 Maret 2017 Bayar tagihan kartu kredit BRI melalui Internet Banking BRI Rp 400 ribu Pembayaran Internet Banking 3
22 Maret 2017 Bayar tagihan PLN melalui ATM BRI Rp 215 ribu Pembayaran ATM 2
25 Maret 2017 Pembelian saldo Go-Pay melalui ATM BRI Rp 150 ribu Pembelian ATM 1
Total Point Transaksi E-Banking di bulan Maret 2017 12

Penjelasan :

  1. Transfer ke Bank lain tidak mendapatkan point
  2. Transaksi Belanja melalui EDC BRI minimal Rp 250 ribu, dan tidak berlaku kelipatan

7. Bagaimana Cara Nasabah dapat mengetahui Jumlah Point yang telah dimiliki?

Bank BRI telah menyediakan kemudahan dalam melakukan pengecekan poin sebagai berikut :

No Media Menu Akses
1 Internet Banking (Web/ Desktop Version) Menu Informasi Rekening - Bonus Poin
2 ATM BRI Menu Info Rekening - Info Poin
3 EDC BRI* (Terbatas Pax, Ingenico & Kartuku) Menu Purchase - Poin UBB - Info Poin
4 Contact Center BRI Melalui 14017 - Pilihan 9 (berbicara dengan operator Contact Center BRI)
5 Mobile Banking BRI (BRI Mobile) Unduh BRI Mobile versi tebaru - Mobile Banking - Menu Informasi - Info Poin
6 Mobile Banking BRI (Plain Text) SMS: INFO(SPASI)POIN(SPASI)PIN kirim ke 3300

8. Bagaimana Cara Nasabah melakukan Penukaran Point?

Point nasabah yang telah terakumulasi dapat ditukarkan (redeem) menjadi hadiah langsung melalui beberapa channel sebagai berikut :

a.Digunakan untuk mengurangi nominal belanja pada Online Shop/e-Commerce yang telah bekerjasama dengan e-Pay BRI

b. Ditukarkan menjadi hadiah langsung melalui e-Catalog BRI yang dapat diakses pada promo.bri.co.id

c. Digunakan untuk mengurangi nominal pembayaran pada transaksi purchase melalui EDC BRI di merchant kerjasama

d. Khusus Nasabah Giro BRI, dapat menukarkan point untuk pembebasan biaya transaksi di Unit Kerja BRI.

9. Apakah terdapat syarat tertentu agar nasabah dapat melakukan kegiatan redeem

Untuk dapat melakukan redeem point melalui e-Catalog BRI dan e-Pay BRI,  nasabah wajib melakukan registrasi finansial Internet Banking BRI terlebih dahulu atas rekening yang akan digunakan untuk redeem point.

10. Saya pernah memiliki Point pada program sebelumnya, apakah point saya masih dapat digunakan?

Poin pada program UBB IX tahun 2016 akan dihapus. Sehinggan perhitungan point yang dikumpulkan nasabah akan dimulai dari awal (dari “0”)

11. Bagaimana Cara Menghitung Rata-rata saldo harian dalam bulan berjalan?

Jumlahkan seluruh saldo akhir hari pada bulan bersangkutan, kemudian dibagi jumlah hari dalam bulan tersebut

12. Saya memiliki lebih dari satu rekening dan kesemuanya memiliki masing-masing Point, dapatkah saya menggabungkan point tersebut ?

Point dibentuk per masing-masing rekening dan tidak dapat digabung dalam 1 CIF (Customer Identification File), adapun penjelasan detil sebagai berikut :

  1. Penukaran poin / redeem melalui e-Pay hanya dilakukan dengan menggunakan salah satu rekening yang telah teregistrasi finansial. Nasabah dapat membayar transaksi dengan menggunakan poin seluruhnya, atau kombinasi poin dan rupiah
  2. Penukaran poin / redeem melalui EDC dilakukan dengan menggunakan poin dari kartu yang bertransaksi. Nasabah dapat membayar transaksi dengan menggunakan poin seluruhnya, atau kombinasi  poin dan rupiah
  3. Penukaran poin melalui ecatalog BRI (promo.bri.co.id) dilakukan dengan memilih sakah satu rekening nasabah. Penukaran hadiah hanya dapat dilakukan menggunakan poin.