Back to top

BERITA DETAIL

Mudik Gratis Spesial 2016, Bank BRI Berangkatkan 6.500 Nasabah Gunakan Moda Transportasi Trimatra

2016-06-30 19:10:29

Jakarta – Bank BRI kembali menggelar acara mudik gratis bagi nasabah dan mitra kerjanya pada minggu terakhir di bulan Ramadhan 1437 H atau 2016 M. Bagi Bank BRI dan peserta mudik, Mudik tahun ini terasa begitu special. Pasalnya, jika di tahun-tahun sebelumnya Bank BRI hanya menyediakan moda transportasi darat berupa bus, maka tahun ini Bank BRI menyediakan 4 moda transportasi untuk mudik. Adapun 4 moda transportasi tersebut meliputi, bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang, untuk mengangkut 6.645 pemudik.
“Untuk itu pelaksanaannya dilakukan dalam empat tahap,” kata Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga. Tahap pertama dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Juni 2016 dengan menggunakan moda transportasi kapal laut. Sedangkan tahap kedua dan ketiga menggunakan moda transportasi bus dan kereta api yang dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Juni 2016. Adapun tahap keempat dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Juni 2016, dengan menggunakan moda transportasi pesawat udara.
“Pelepasannya sendiri dilakukan secara formal oleh Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam pada hari Rabu, 29 Juni di Plaza Utara, GBK,” ujar Hari Siaga.
Sedangkan para pemudik yang menjadi peserta mudik bareng BRI tersebut terdiri atas nasabah BRI, baik simpanan maupun pinjaman. Termasuk di antaranya debitur KUR (Kredit Usaha Rakyat), debitur KUR TKI, dan pekerja dasar dari rekanan kerja BRI. Tujuan mudiknya juga beragam. Tercatat ada sekitar lima kota di Pulau Jawa yang menjadi tujuan utama yaitu Pati, Wonogiri, Yogyakarta, Surabaya, dan Blitar. Sedangkan untuk luar Pulau Jawa, ada Batam dan Makassar yang menjadi kota tujuan utama pemudik. “Tentunya dengan rute perjalanan yang berbeda-beda,” jelas Hari Siaga.
Sementara itu, untuk gelaran mudik tahun ini, Bank BRI juga memfasilitasi 50 TKI nasabah BRI yang berasal dari 7 (tujuh) negara di Asia untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya. Adapun fasilitas yang diberikan berupa tiket akomodasi dari luar negeri ke Jakarta yaitu Malaysia, Singapura, Hongkong, Uni Emirat Arab, Korea, Arab Saudi dan Taiwan, akomodasi hotel bintang lima di Jakarta, serta perjalanan hingga kampung halaman masing-masing untuk merayakan Idul Fitri 1437 H.
Hari Siaga mengungkapkan, langkah perseroan menggelar mudik ini merupakan bentuk apresiasi dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah serta mitra kerja Bank BRI untuk dapat merayakan Idul Fitri di kampong halaman masing-masing bersama keluarga serta sanak saudara. “Kegiatan ini merupakan salah satu wujud cinta dan rasa terima kasih Bank BRI kepada nasabah dan mitra kerja BRI, yang telah memberikan kontribusi positif bagi performa bisnis perusahaan,” tutur Hari Siaga.

 


Indahnya Bersyukur dan Berbagi Bersama
Menurut Hari Siaga, mudik gratis BRI ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan kebajikan yang diselenggarakan oleh BRI selama bulan Ramadhan. “Sebelumnya untuk menghormati bulan suci ini, Bank BRI menyelenggarakan beberapa even besar,” ujarnya.
Bank BRI mengawali kegiatan Ramadhan tahun ini dengan membagikan sembako kepada masyarakat dhuafa perkotaan. “Pada tahun ini kami memberikan bantuan sembako sebanyak 25.000 paket total senilai lebih kurang Rp 6 Miliar kepada warga yang membutuhkan, di 15 titik di wilayah Jakarta,” ujar Hari Siaga. “Barang-barang yang dibagikan dalam satu paket antara lain; 5 kg beras, 1 kg minyak goreng, 1 kg gula, biscuit, sirup, dll,” imbuh Hari Siaga.
Selain Berbagi Sembako, Bank BRI juga menyelenggarakan even ‘Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu’ bersama-sama dengan Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA). Kegiatan tersebut diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta pada tanggal 23 Juni 2016, dengan dihadiri oleh lebih kurang 3.500 anak yatim piatu dari 70 yayasan se Jabodetabek. Pada acara yang dimeriahkan oleh Band Nidji tersebut, BRI juga memberikan santunan dan cindera mata kepada anak yatim. “Total santunan yang digelontorkan BRI kepada 3.500 anak yatim tersebut mencapai Rp. 1,3 Miliar”, kata Hari Siaga.
Bagi Bank BRI, rangkaian kegiatan ramadhan berupa buka puasa bersama anak yatim piatu tersebut sudah menjadi tradisi bagi BRI. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi program Corporate Sosial Responsibility (CSR) BRI.
Kegiatan lain yang diselenggarakan Bank BRI jelang Idul Fitri 1437 H adalah pasar murah sembako. Kegiatan yang berada di bawah koordinasi Kementerian BUMN tersebut digelar secara serentak di 51 kabupaten/ kota pada tgl 24 Juni 2016. Bank BRI menyediakan 500 hingga 1.000 paket sembako per kabupaten/ kota, dengan harga setengah dari harga normal. Adapun hasil penjualannya kemudian disumbangkan untuk membangun dan atau melengkapi sarana rumah ibadah.
Hari Siaga berharap, dengan terlaksananya berbagai kegiatan kebajikan yang di selenggarakan oleh BRI selama ini, dapat memberikan manfaat, bagi masyarakat luas maupun bagi BRI. “Bagi masyarakat luas, tentunya sebagian beban hidup mereka menjadi terbantu sedangkan bagi Bank BRI, semoga rezeki yang diusahakan oleh BRI diberkahi dan dilancarkan, karena semua yang diperoleh BRI pun pastinya akan kembali juga ke masyarakat tentunya dalam berbagai bentuk,” tutup Hari Siaga.