Back to top

BERITA DETAIL BANK BRI

BRI Hadirkan BRILink Mobile, Inovasi Baru Dalam Branchless Banking Di Indonesia

2017-02-24 10:09:38

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali tunjukkan komitmennya  untuk mensukseskan program keuangan inklusif yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui Layanan Keuangan Digital (LKD) dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI).

Sesuai dengan data yang dilansir oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat kenaikan indeks inklusi keuangan di Indonesia selama periode 2013 hingga 2016.  Pada tahun 2016, indeks inklusi keuangan di Indonesia tercatat sebesar 67,82%, atau naik apabila dibandingkan dengan indeks inklusi keuangan tahun 2013 sebesar 59,74%. “Data ini menunjukkan bahwa masih terdapat ruang yang cukup besar bagi BRI untuk memberikan kontribusi, terutama kepada 32,18% atau hampir sepertiga masyarakat di Indonesia yang belum mendapatkan akses keuangan secara terintegrasi” ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso. Atas dasar itulah Bank BRI secara terus-menerus melakukan inovasi terhadap produk dan layanannya, salah satu yang terbaru yakni dengan meluncurkan BRILink Mobile.

BRILink Mobile adalah aplikasi mobile yang digunakan oleh Agen BRILink dengan menggunakan internet sebagai jalur komunikasi transaksinya di mobile device seperti smartphone/tablet yang berbasis android. Sebelumnya, agen BRILink menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) untuk melayani transaksi. Dengan BRILink Mobile diharapkan agen BRILink mempunyai alternatif pilihan cara bertransaksi yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, BRILink Mobile juga diharapkan dapat menarik minat generasi millennia untuk mensukseskan program keuangan inklusif.

Untuk dapat menggunakan BRILink Mobile, agen harus memiliki  user ID dan password terlebih dahulu yang didapatkan setelah permohonan pendaftaran agen BRILink di unit kerja telah disetujui. Adapun prosedur pendaftaran BRILink Mobile sama dengan prosedur pendaftaran agen BRILink yang telah berjalan saat ini. Setelah mendapatkan user ID dan password, agen BRILink dapat mengakses BRILink Mobile dengan mendownload aplikasinya di Google Playstore atau melalui Web di alamat https://brilink.bri.co.id/brilinkweb. Syarat menjadi agen BRILink pun cukup mudah, diantaranya yaitu individu / badan usaha yang telah menjadi nasabah BRI, terdaftar sebagai pengguna Internet Banking BRI, memiliki perangkat untuk mengoperasionalkan BRILink Mobile (seperti Handphone, PC/ Laptop, Printer dan Modem Internet).

 

 

Dengan menggunakan BRILink Mobile, agen BRILink akan mendapatkan berbagai manfaat lebih, diantaranya lebih fleksibel, karena dapat menggunakan berbagai jenis smartphone berbasis android/ multiple devices (laptop, tablet, handphone). Dengan fleksibilitas tersebut akan memberikan kemudahan transaksi bagi pelanggan yang pada ujungnya akan menambah jumlah pelanggan serta meningkatkan omset usahanya. Dari sisi pelanggan, BRILink Mobile juga dapat menjadi one stop solution atas kebutuhan jasa dan layanan perbankan dikarenakan berbagai macam fitur dan layanan perbankan dapat dilakukan oleh agen BRILink.

 

Sekilas Tentang Agen BRILink

Agen BRILink merupakan perluasan layanan dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee.

Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti halnya di kantor BRI. Masyarakat  dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai, serta  melakukan transaksi pembayaran melalui agen.

Sampai dengan akhir 2016, tercatat sejumlah 84.550 agen BRILink telah dimiliki oleh Bank BRI, atau naik 68,2% dibandingkan jumlah agen BRILink Desember 2015 sejumlah 50.259 agen. Jumlah tersebut setara dengan jumlah desa dan kelurahan di seluruh Indonesia.

Sepanjang tahun 2016, agen BRILink mencatatkan 317,55 juta transaksi atau naik 382% year on year (yoy) dengan volume transaksi senilai Rp. 139,1 Triliun, atau naik 287,5% yoy. Untuk tahun 2017, perseroan menargetkan jumlah agen BRILink sejumlah 135.000 agen.